Politeknik TNI-AD
Rubrik : Kesehatan
Tujuh Cara untuk Berhenti Merokok
2015-06-06 09:12:59 - by : Msuhari



Tujuh Cara untuk
Berhenti Merokok


 


 
JAKARTA - Bagi pecandu rokok, berhenti merokok bukanlah hal yang mudah.
Pasalnya, nikotin yang terkandung dalam tembakau merangsang otak untuk
menghasilkan zat dopamine (zat memberi rasa nyaman), sehingga menyebabkan
ketergantungan.

Kepala Pusat Promosi Kesehatan (Promkes) Kementerian Kesehatan (Kemkes), Lily
S. Sulistyowati menjelaskan, kunci utama untuk berhenti merokok adalah memiliki
motivasi yang kuat untuk benar-benar berhenti merokok.

"Kalau susah memiliki motivasi dan alasan yang kuat, proses untuk berhenti
merokok akan menjadi lebih mudah," papar Lily di Kementerian Kesehatan RI,
Jakarta.
Berikut ini
tujuh cara berhenti merokok menurut Kementerian Kesehatan RI.

1. Mulailah untuk menentukan alasan yang lebih spesifik dan kuat. Misalnya,
niatkan bahwa Anda ingin melindungi keluarga atau perokok pasif dari risiko
terkena penyakit akibat paparan asap rokok. Anda bisa menentukan alasan
tersebut sebagai motivasi.

2. Berhenti merokok seketika (total), atau melakukan pengurangan jumlah rokok
yang dihisap perhari secara bertahap. Dengan cara ini pikiran dan tubuh akan
mulai terbiasa terhindari dari kecanduan nikotin sedikit demi sedikit.

3. Kenali waktu dan situasi di mana Anda paling sering merokok. Coba alihkan
kebiasaan merokok di tempat tersebut dengan aktifitas lain, misalnya mengunyah
permen sebagai pengganti.

4. Tahan keinginan Anda dengan menunda. Caranya cukup mudah, setiap kali
merasakan dorongan kuat untuk merokok, tundalah hal tersebut selama lima menit
sebelum Anda menyalakan rokok tersebut. Di hari berikutnya tingkatkan penundaan
menjadi 10 menit, atau tambah lima menit penundaan setiap harinya.

Dengan cara ini tubuh Anda akan menyadari bahwa dorongan untuk merokok semakin
lama akan menghilang secara perlahan.

5. Berolahraga secara teratur seperti jogging dan jalan kaki akan membantu Anda
mendapatkan mood yang lebih baik, tubuh dan pikiran pun jadi lebih segar.
Aktifitas ini juga akan membuat Anda terhindar dari stres, sehingga tak perlu
merokok lagi sebagai alasan untuk menghilangkan stres.

6. Mintalah dukungan dari keluarga dengan cara meminta mereka untuk selalu
mengingatkan Anda untuk berhenti merokok. Dukungan tersebut akan sangat
berpengaruh terhadap keberhasilan Anda berhenti merokok.

7. Cara yang satu ini patut dicoba dan sering enggan dilakukan oleh para
perokok, berkonsultasi. Konsultasikan dengan dokter atau terapis untuk membantu
menghadapi ketergantungan pada nikotin.


 

Politeknik TNI-AD : http://lemjiantek.mil.id
Versi Online : http://lemjiantek.mil.id/article/647/tujuh-cara-untuk-berhenti-merokok.html