SIMULASI LIFT

Kamis, 28 Juli 2011 08:39:19 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
SIMULASI LIFT

SIMULASI LIFT

OLEH

SERKA AGUS SETIYONO

ELKA ≠ 12

 

1.         Umum.           Kemajuan teknologi dibidang elektronika semakin pesat perkembangannya. Berawal dari elektronika analog sampai pada elektronika  digital. Dari teknologi Transistor sampai pada teknologi Integrated Circuit (IC). Perkembangan teknologi IC atau dapat dikatakan sebagai teknologi mikroelektronika mempengeraruhi perkembangan yang  cukup signifikan dalam penggunaan rangkaian digital. Rangkaian digital tidak hanya digunakan sebagai alat hitung saja tetapi sekarang banyak digunakan dalam sistem kontrol atau sistem kendali.

            Piranti elektronika yang saat ini banyak digunakan dalam sistem kontrol adalah Micro Controller Unit (MCU). Mikrokontroler umumnya terdiri dari Central Processing Unit (CPU), memory, pin Input Output (I/O) tertentu dan unit pendukung lainnya seperti Analog to Digital Converter (ADC) yang terintegrasi  didalamnya.

            Mikrokontroler tidak lepas dari program (souce code) yang di-download-kan kedalamnya. Perkembangan bahasa pemrograman untuk mesin juga berkembang seiring perkembangan teknologi digital. Karena begitu banyaknya bahasa pemrograman, maka bahasa tersebut dikelompokan berdasarkan kriteria tertentu. Berdasarkan tingkatannya (level) bahasa pemrograman dibagi menjadi 2 tingkat bahasa yaitu: bahasa tingkat rendah (low level) seperti bahasa Assembly dan bahasa tingkat tinggi (high level) seperti bahasa Pascal, bahasa Basic dan bahasa C.

            Menyikapi perkembangan tersebut Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Darat menjadikan mata kuliah Mikrokontroler dan Pemrograman Bahasa C sebagai mata kuliah wajib ke dalam Kurikulum Perkuliahan program Diploma 3 jurusan Teknik Elektronika.

            Sebagai implementasi dari aplikasi mata kuliah Mikrokontroler dan Pemrograman Bahasa C penulis mewujudkan ke dalam perancangan simulator lift pada penulisan Tugas Akhir yang berujudul "PERANCANGAN SIMULATOR LIFT SEBAGAI APLIKASI PENGGUNAAN MIKROKONTROLER DAN PEMROGRAMAN BAHASA C".

 

2.         Maksud dan Tujuan

a.         Maksud.         Membuat alat simulasi sebagai contoh aplikasi riil penggunaan mikrokontroler dan penerapan pemrograman bahasa C pada mikrokontroler.

b.         Tujuan.          Memberi kontribusi pemikiran kepada pimpinan akan pentingnya sarana perkuliahan dan memotivasi serta membangun kreatifitas siswa Diploma 3 jurusan Teknik Elektronika untuk dapat memahami dan mengaplikasikan mata kuliah Mikrokontroler dan Pemrograman Bahasa C, sehingga Tujuan Instruksi Umum Perkuliahan dapat tercapai.

 

 3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut.

            a.         Ruang Lingkup.        Untuk mengarahkan pembahasan pada          perencanaan dan pembuatan alat, maka batasan masalah yang dibahas dalam    Tugas Akhir ini sebagai berikut :

              1)              Mikrokontroler Unit AT89S52.

              2)              Pemrograman C dan aplikasinya pada Mikrokontroler.

              3)              Sistem Pengontrolan Lift dengan tidak membahas mekanik Lift.

           b.         Tata Urut.      Untuk mempermudah penulisan Tugas Akhir ini, maka         disusun    dengan tata urut sebagai berikut :

               1)              BAB  I        :       PENDAHULUAN

               2)              BAB  II       :       TINJAUAN PUSTAKA

               3)              BAB  III     :       METODOLOGI PENELITIAN

               4)              BAB  IV     :       PENGUJIAN DAN ANALISA ALAT

               5)              BAB  V       :       KESIMPULAN DAN SARAN

               6)              BAB  VI     :       PENUTUP

 

4.         Metode Pendekatan.             Penulisan tugas akhir ini menggunakan metoda induktif.

 

5.         Pengertian-pengertian.

a.         Lift adalah alat transportasi  untuk menaikkan benda atau manusia  ke tempat yang lebih tinggi atau menurunkan ke tempat yang lebih rendah.

b.         Mikrokontroller Unit (MCU) adalah piranti elektronika semikonduktor yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronika yang didalamnya berisi EEPROM, RAM, I/O dan dapat menyimpan program di dalamnya.

c.         Simulator adalah peraga yang mempunyai model dan bentuk  menyerupai benda aslinya.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya