KEYBOARD PC UTK MENAMPILKAN TEKS PADA ALAT PERAGA

Kamis, 28 Juli 2011 08:35:26 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
 KEYBOARD PC UTK MENAMPILKAN TEKS PADA ALAT PERAGA

PENGGUNAAN KEYBOARD PC UNTUK MENAMPILKAN TEKS PADA ALAT PERAGA TERPROGRAM

(UNIVERSAL PROGRAMMERY)

OLEH

FUAD ZAINUDDIN A

SERTU NRP 21000127520978

 

 

1.   Umum.                      

a.         Latar belakang.

Berdasarkan perencanaan dan pembuatan alat yang dilaksanakan oleh sertu Andry Prabudi (siswa lemjiantek D3 # 11 ) tahun 2005 yang berjudul " PEMBUATAN ALAT PERAGA ( UNIVERSAL PROGRAMMER ) BERUPA TAMPILAN TEKS BERBASIS MCU AT89C51 ". Dari penelitian penulis terdapat kekurangan-kekurangan dari alat tersebut diantaranya :

1)        Untuk menampilkan model tampilan teks masih menggunakan switch.

2)        Untuk mengganti tulisan atau karakter berjalan dari kanan kekiri melalui komputer    dalam program delphi serta mengganti program yang telah tersimpan dalam ROM mikrokontroler untuk animasi yang lain.

Untuk menyempurnakan alat tersebut, penulis menggunakan keyboard PC sebagai inputan untuk menampilkan tulisan atau karakter yang dikehendaki serta untuk menampilkan model animasi tampilan teks. Sehingga diharapkan penyempurnaan alat ini akan lebih mudah dan praktis dalam pengoperasiannya.

b.         Perumusan masalah.

Dari penjelasan latar belakang diatas, maka dapat disusun perumusan masalah sebagai berikut :

1)         Bagaimana mengendalikan alat peraga berupa tampilan teks menggunakan keyboard PC.

2)         Bagaimana cara merancang mikrokontroler sebagai pengendali sistem berupa tampilan teks.

c.         Cara mengatasi masalah.

Dari kendala yang ada disini, penulis melakukan penelitian dalam mengatasi permasalahannya yaitu untuk mengendalikan alat peraga berupa tampilan teks agar mudah dalam pengoperasiannya dengan menggunakan keyboard PC serta memanfaatkan mikrokontroler AT89C51 sebagai pengendali sistem kerja alat.

2.         Maksud dan Tujuan.

a.         Maksud.      Maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah merencanakan dan membuat alat peraga berupa tampilan teks dengan menggunakan keyboard PC berbasis mikrokontroler AT89C51.

b.      Tujuan.      Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi dibidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi satuan-satuan TNI AD tentang aplikasi teknologi mikrokontroler.

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut.

a.        Ruang Lingkup.        Ruang lingkup yang diatur dalam pembatasan masalah sebagai berikut :

           1)         Parameter noise internal dan eksternal tidak dibahas.

           2)         Media transmisi RS 485 sebagai alat bantu.

            3)         Mikrokontroler AT89C51 untuk mengendalikan sistem sebagai pokok bahasan.

b.         Tata Urut.        Sistematika pembahasan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

            Bab      I           : Pendahuluan.

            Bab      II         : Tinjauan Pustaka.

            Bab      III        : Metodologi Penelitian.

            Bab      IV        : Hasil dan Pembahasan.

            Bab      V         : Kesimpulan dan Saran.

            Bab      VI        : Penutup.

 

4.         Pendekatan.   Dalam penulisan  dan pembuatan alat tugas akhir ini penulis menggunakan metode pendekatan  studi kepustakaan/literatur dan dilanjutkan metode induktif untuk mendapatkan data kuantitatif melalui eksperimen dilaboratorium.

 

 

 

5.         Pengertian-pengertian.

a.         Dot Matriks.    Adalah sekumpulan led yang disusun dalam baris dan kolom sehingga untuk menyalakannya digunakan sistem scanning.

b.         Mikrokontroler AT89C51.       Adalah suatu komponen elektronika yang mempunyai fungsi sebagai pengolah, pemroses dan pengontrol data serta

merupakan mikrokomputer CMOS 8 bit dan 4 Kbytes Flash Programmable Memory.

c.         LCD ( Liquid Crystal Display ).          Adalah suatu alat berbentuk kristal cair yang akan beremulsi (bercahaya) apabila dikenai / diberikan  sumber tegangan kepadanya.

d.         Keyboard.       Adalah perangkat yang mempunyai tuts seperti pada mesin tik, yang dilengkapi beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi[1].

e.         Software AT89C51.    Adalah bahasa pemrograman (Perangkat  Lunak) pada mikrokontroler AT89C51 yang digunakan untuk menjalankan hardware (Perangkat Keras),  sesuai dengan aplikasi yang diinginkan.

f.          Universal Programmer.          Suatu alat yang digunakan untuk pengisian perangkat lunak ( software ) ke dalam EPROM.

 


[1] Gumawang atang, Belajar Merakit Komputer, Informatika, bandung, 2003.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya