BEBERAPA PENYEBAB KONEKSI INTERNET MENJADI LAMBAT

Senin, 20 Juni 2016 10:55:25 - Created by : Website Team, Published by : Msuhari
BEBERAPA PENYEBAB KONEKSI INTERNET MENJADI LAMBAT

BEBERAPA PENYEBAB KONEKSI INTERNET MENJADI LAMBAT

 

Dunia internet sudah memasuki sendi-sendi kehidupan, hampir setiap saat internet menjadi aktifitas yang tidak pernah berhenti, penyediaan koneksi internet pun sudah mencakup konektifitas tingkat tinggi namun koneksi Internet yang digunakan sering mendapat masalah mengenai lambatnya kecepatan mengakses.

 

 

Beberapa Penyebab Koneksi Internet Menjadi lambat, meski demikian tentang Cara Mempercepat Koneksi Internet Pun dapat anda baca di website ini.

Penyebab Koneksi Internet Menjadi Lambat

1. Kemampuan dan Kondisi Modem dalam menerima sinyal
Kemampuan penerimaan koneksi modem dalam menerima sinyal adalah point pertama yang perlu diketahui dala unsur-unsur yang membuat koneksi menjadi lambat, kekuatan modem menerima biasanya terdapat pada kotak kemasan modem sebelum dibeli (contoh tulisan 7,2Mbps), selain itu suhu pada modem (kondisi modem) juga sangat berpengaruh pada kualitas kecepatan jaringan internet kita, karena semakin panas modem tersebut maka semakin menurun pula kemampuan akses internetnya.

 

2. Waktu Mengakses dan banyaknya user
Waktu akses juga mempengaruhi koneksi menjadi lambat, contohnya pada saat jam-jam istirahat kantor dimana semakin banyak pengguna dan dalam waktu bersamaan maka penggunaan bandwith per user akan terbagi dan membuat koneksi menjadi lambat, jika terjadi kelebihan beban pengguna maka koneksi yang digunakan tiap user pun akan terbagi dan menjadi lambat.

 

3. Virus di dalam komputer/gadget
Virus dan mallware yang berada pada gadget/laptop pengguna internet biasanya akan memperlambat koneksi internet, karena terkadang ada jenis virus yang menggunakan koneksi internet untuk mengupdate diri dan menggandakan diri. Virus terkadang menguras kapasitas memori komputer sehingga menyebabkan aplikasi-aplikasi yang lain menjadi lambat ini juga akan mempengaruhi kinerja internet anda.

 

4. Berjalan otomatisnya autoupdate
Beberapa program mempunyai fasilitas autoupdate, seperti contoh antivirus dan windows (OS), fasilitas autoupdatenya akan menghabiskan kuota dan menyedot bandwith pengguna dan membuat koneksi yang bersamaan lainnya menjadi lambat karena prioritas penggunaan bandwith telah terpakai oleh mode autoupdate downloadnya.

 

5. Kuota yang hampir habis
Pada beberapa jenis ISP (Internet Service Provider) kuota memberikan limit sehingga pada batasan kuota tertentu, jika batas kuota minimal sudah sampai maka koneksi internet yang sebelumnya 7,28 Mbps akan turun setengahnya ataupun turun menjadi 10% dari kecepatan awal, ini biasanya mengindikasikan bahwa kuota akan segera habis, ataupun batas waktu kuota telah mencapai batasan tertentu.

 

6. Aplikasi browser dan kelengkapan browser yang tidak up to date
kebiasaan tidak mengupdate aplikasi yang dipergunakan untuk mengakses internet juga berpengaruh dalam kecepatan surfing (akses page/halaman/website) anda, sehingga perlu penanganan berkala pada aplikasi dan perlengkapan untuk mengaksesnya

 

7. Website yang memiliki waktu loading yang lama (website yang berat dibuka)

Memperhatikan jenis/macam website dibuka terkadang Javascript dalam sebuah website akan membuat loading time bertambah dan membuat koneksi menjadi berat dan lambat.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Komputer Dan Internet" Lainnya