ANALISIS PEMANFAATAN GRANAT MORTIR 8 PE

Rabu, 27 Juli 2011 09:44:30 - Created by : Website Team, Published by : kusnadi
ANALISIS PEMANFAATAN GRANAT MORTIR 8 PE

ANALISIS PEMANFAATAN GRANAT MORTIR 8 PE BUATAN PT. PINDAD PADA SENJATA PELUNCUR 81 mm NORINCO CINA

Serka Bangsawan, Amd

 

1.    Pendahuluan.     Senjata Granat Mortir Norinco Cina merupakan senjata lintas lengkung yang di beli oleh TNI AD pada tahun 2002 dari negara Cina yang dapat menambah kekuatan satuan infanteri TNI AD. Senjata ini merupakan senjata bantuan bagi satuan infanteri yang sedang bergerak di depan, oleh karena itu ketepatan atau akurasi yang tinggi dan keamanan merupakan faktor utama dari senjata bantuan seperti Granat Mortir.

    Mortir beserta Granat Mortir Norinco Cina ini dirancang untuk membasmi dan menghancurkan musuh secara tepat di medan yang datar dan diatas dataran rendah serta untuk membersihkan jalan bagi satuan infanteri. Dalam kelanjutan pemakaian Mortir beserta Granat Mortirnya di lapangan kelanjutannya bagaimana apabila Granat Mortirnya telah afkir ataupun habis apakah harus selalu membeli ke negara pembuatnya. Oleh sebab itu dengan adanya hal tersebut, perlu adanya pemecahan masalah dimana senjata itu bisa selalu digunakan dan tidak harus membeli Granat Mortirnya dari negara pembuatnya apabila di negara kita sendiri sudah mampu membuatnya.

        Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan Granat Mortir 81 mm (8 PE) buatan Pindad yang mempunyai kaliber dan kontruksi bentuk yang sama yang di buat di negara kita, dan yang pasti dalam pembuatannya telah diteliti serta di ujicobakan.


2.   Fokus Penelitian.       Fokus penelitian ini ditujukan dengan menganalisa berdasarkan ilmu balistiknya tentang  kondisi di dalam laras peluncur dan jarak capai yang di hasilkan apabila laras peluncur Norinco Cina di tembakkan dengan Granat Mortir 81 mm (8 PE) buatan Pindad. Hal ini ditinjau dari balistik dalam yang mencakup perhitungan energi isian dorong, perhitungan tekanan gas dan rasio tekanan gas. Sedangkan ditinjau dari  balistik luarnya mencakup perhitungan kecepatan mulut laras ( Ve ), menghitung jarak capai  ( X ),  menghitung tinggi GMO di lintasan ( Y ) dan menghitung waktu terbang ( t ).

 

3.    Maksud dan Tujuan.

      a.  Maksud.        Maksud penelitian ini adalah untuk untuk mencari alternatif pengganti 

        Granat Mortir aslinya jika habis digunakan dan mada penyimpanannya berakhir.

       b.  Tujuan.          Tujuan penelitian ini adalah agar Mortir Norinco Cina dapat digunakan

         semaksimal mungkin dengan menggunakan Granat Mortir 8 Pe buatan PT. Pindad.


4.         Manfaat Penelitian.      Sebagai bahan penelitian untuk lomba Cipta dan Karya Tulis Ilmiah Prajurit TNI dalam rangka peringatan  ke 62 tahun TNI tanggal 5 Oktober 2007.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Sain dan Teknologi" Lainnya