Awas "Radio Jamming" Mengintai Mobil Anda!

Jum`at, 12 Juni 2015 13:43:21 - Created by : Website Team, Published by : Msuhari
Awas

Jakarta - Jika dulu pencuri mengandalkan penggaris, kunci letter T atau obeng untuk membongkar pintu mobil, ternyata si tangan panjang telah mengikuti perkembangan zaman.

Saat ini hampir semua mobil dilengkapi dengan central door lock yang dikendalikan lewat kunci elektronis. Pencuri memanfaatkan metode penguncian mobil ini dengan menggunakan alat radio jamming (peredam sinyal radio). Alat tersebut meredam sinyal yang dipancarkan kunci ke mobil.

Modus operandi yang dilakukan pencuri adalah saat mobil diparkir dan sang empunya keluar kemudian memencet tombol di kunci mobil untuk mengunci semua pintu sekaligus menyalakan sistem alarm di mobil.

Sayangnya mobil justru tak terkunci karena sinyal dari kunci diredam radio jamming yang dimiliki pencuri. Si pencuri canggih ini sudah menunggu di tempat parkir menggunakan alat peredam sinyal yang bisa dengan mudah didapatkan melalui internet dengan harga satu hingga tiga juta rupiah. Pencuri ini menyalakan peredam sinyal menunggu pemilik mobil pergi karena menganggap mobilnya sudah aman.

Saat situasi sudah dianggap aman, pencuri memasuki mobil dan mencuri barang-barang berharga dengan mudah karena pintu dalam kondisi tak terkunci. Bahkan mobil Anda bisa langsung raib dalam sekejap!

Radio jamming atau peredam frekuensi ini sebenarnya dilarang digunakan di kebanyakan negara karena alat tersebut memancarkan frekuensi yang tidak diperkenankan. Sayangnya alat ini bisa didapatkan dengan kemudahan belanja daring di era internet seperti saat ini.

Cara Mengantisipasi Pencuri Bermodus "Radio Jamming"

 

- Pencuri yang mengandalkan modus Radio Jamming alias alat peredam sinyal sudah mengancam. Untuk mengantisipasi pencuri yang menggunakan cara ini ada beberapa cara yang harus Anda lakukan.

Perhatikan saat Anda mengunci mobil, kebanyakan mobil akan membunyikan klakson dan menyalakan lampu dalam waktu sekejap untuk menandakan bahwa sinyal pertanda mobil telah terkunci. Tapi waspadalah jika Anda tidak mendengar bunyi klik yang menandakan bahwa pintu telah benar-benar terkunci.

1. Pastikan bahwa pintu mobil telah benar-benar terkunci. Jangan mengasumsikan bahwa mobil Anda telah terkunci menggunakan remote control.

2. Anda bisa mem-bypass kunci jarak jauh (remote control) dan mengunci mobil secara manual menggunakan kunci. Radio jamming meredam sinyal dari kunci ke mobil, tapi mereka tak bisa membuka pintu tanpa kode yang tepat dari remote control.

3. Waspadai apabila ada orang yang berkeliaran di area parkir. Bisa jadi mereka mengoperasikan perangkat radio jamming. Jika memungkinkan parkirlah di tempat lain.

4. Secara berkala periksa fungsi remote control, central door lock serta sistem alarm mobil Anda.

Penulis: Yudo Dahono/YUD

Sumber:Police One

 

 

 

 

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Teknologi" Lainnya