MENGIRIM FILE LEWAT INTERNET

Senin, 25 Mei 2015 08:02:30 - Created by : Dep Iptek, Published by : Msuhari
MENGIRIM FILE LEWAT INTERNET

                             BAGAIMANA `FILE` DI KIRIM LEWAT INTERNET.....?
                                                     By : Pns Yudo.S


    Ketika Anda akan mengirim data, misalnya gambar, film atau sebuah dokumen yang akan dikirim lewat internet......Menurut anda apakah langsung mentah-mentah file tersebut dikirim begitu..?. Ternyata tidak...!
    Sekedar ilustrasi : bayangkan jika anda mempunyai sebuah buku tebal yang akan anda kirimkan kepada teman anda, tetapi anda hanya mempunyai beberapa amplop kecil. Salah satu cara untuk mengeposkannya adalah dengan merobeknya menjadi beberapa bagian dan memasukkanya kedalam amplop yang berbeda-beda tadi. Setiap amplop tentunya dialamatkan kepada penerima dengan membubuhkan nomor urut pada setiap amplopnya, misalnya terdapat 10 amplop yang hendak dikirim, amplop nomor 1 terdiri dari halaman 1-10, dst dari seluruh buku. Saat amplop-amplop itu di sortir oleh pegawai kantor pos mungkin akan melewati rute/jalur yang sama dan tiba di tempat tujuan pada hari yang sama atau akan melewati rute yang berbeda dan tiba pada waktu yang berbeda juga, tetapi tidak akan masalah karena amplop-amplop tersebut telah diberi nomor urut sehingga penerima tidak akan kesulitan untuk menyusun kembali.
    Saat kita berbicara tentang internet, mungkin akan mudah membayangkan bahwa internet adalah hanya jaringan komputer tunggal. Namun realitanya, internet tersusun ribuan jaringan yang terpisah yang dimiliki oleh user pemerintahan, user perusahaan dan user pribadi. Komputer dan `link` yang tersusun di internet dirancang oleh sejumlah besar perusahaan dan menggunakan teknologi canggih untuk menyimpan dan mentransmit informasi. Meskipun terdapat bermacam-macam jenis komputer dan peralatan `networking` , internetlah yang membuat mereka mengerti dengan menggunakan komunikasi `Protocol`.
    Dua unsur yang paling umum adalah Internet Protocol (IP) yang digunakan untuk mentransmitkan informasi. Dan Transmission Control Protocol (TCP) yang memberikan struktur untuk pengiriman data pada internet. Begitu pentingnya unsur tersebut, maka IP dan TCP ditulis dengan cara TCP/IP, sehingga semua komputer akan mengerti kesamaan protokol.

                                                    

    Internet tersusun sebagai suatu hirarki pada jaringan semua komunikasi melalui TCP/IP. Level terendah adalah user individu yang dikoneksikan bersama-sama di Local Area Network (LAN). Jaringan kecil ini dikoneksikan pada level berikutnya yang tersusun dari Provider Jasa Internet atau jaringan perusahaan yang memberikan akses pada jasa internet, kemudian dikoneksikan pada level yang lebih tinggi lagi yaitu perusahaan telekomunikasi yang memiliki semua jaringan-jaringan penting yang mengakses data seluruh dunia. Level tertinggi pada internet adalah `Internet Backbone` atau `Tier One`.

1.    Sebelum data dapat dikirim melalui internet, misalnya gambar sebuah tank.

                                                

2.    TCP akan memotong gambar tersebut menjadi 4 bagian yang disebut dengan `Datagram` atau `Packet`.
                                               
3.    Setiap datagram memuat sejumlah data juga informasi yang diperlukan oleh internet yang terdiri dari kedua alamat pengirim dan penerima serta nomor serinya.

                                              

4.    kemudian datagram tersebut dikirimkan melalui `router` terdekat pada jaringan lokal.

                                    


5.    Router lokal mengekstrak alamat tujuan datagram dan mencari alamat tersebut di daftar destinasi (tujuan).
                               
6.    Jika alamat destinasi diketahui router maka datagram dikirim ke destinasi komputer.


                          


7.    Namun, jika alamat destinasi tidak diketahui router maka akan dikirim ke router yang lebih tinggi levelnya yang lebih lengkap daftar alamatnya bahkan mungkin datagram akan melalui router di internet backbone.

                        

                   

 

             



8.    Router secara konstan menginformasikan kepada router yang lain mengenai statusnya dan kondisi jalur yang dilaluinya. Ketika internet menjadi sibuk/padat maka router-router yang lain akan mencari jalan lain untuk menghindari kemacetan tersebut. Kemampuan IP yang secara konstan me`reroute` data untuk menjamin lancarnya aliran data, maksudnya bertanggungjawab terhadap bagian-bagian muatan datagram secara lengkap walaupun melewati rute yang berbeda di internet.

                    

9.    Saat akhirnya datagram mencapai destinasi/tujuannya, TCP bertanggungjawab untuk menyimpan data dengan kondisi aslinya.
               
10.    Nomor-nomor seri pada setiap datagram yang tersusun akan mudah direkonstruksi dengan benar.
          
11.    TCP juga memberikan receiver/penerima untuk meminta salinan baru jika datagram dari pengirim hilang atau rusak. Sehingga TCP dan IP memberikan jalan yang sangat ampuh untuk pengiriman data meskipun mungkin melalui network yang rentan.
      

Sumber: The Introduction of Cyber Security System.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Tips And Trik" Lainnya