Membuat Password yang Mumpuni.

Senin, 27 April 2015 13:00:07 - Created by : Dep Iptek, Published by : Msuhari
Membuat Password  yang Mumpuni.

R3kayas4 P@$sword Mumpun!

By : Pns Yudo .S

 

Berpikirlah tentang semua informasi yang kita lakukan secara online, mulai dari mengirim email, bertukar foto, update perbankan, bercengkerama melalui sosial media, transaksi belanja online, dll. Untuk menjaga semua data tersebut dengan aman dari para Hacker (Peretas), maka sangatlah penting untuk memilih suatu metode untuk membuat password yang kuat, maksudnya adalah sulit untuk di hack atau ditembus.

 

1. Membuat Password Mumpuni.

  • Gunakan TIGA kata acak atau lebih - semakin panjang lebih baik sehingga semakin sulit untuk di tembus.
  • Tambahkan symbo!
  • Kombinasikan HURUF BESAR dan huruf kecil.
  • Tambahkan bilang4n.

Contoh : saya akan membuat password dengan menggunakan kata-kata sebagai berikut : appletree and bike

Kategori Lemah         appletree

Kategori Sedang        appletr33bike

Kategori Kuat Appletr33b!ke

 

2. Email Kita Butuh Password Kuat.

Mengapa? Karena ini semua berhubungan dengan informasi online kita, misalnya akun bank, media sosial, dokumen, dll. Jika kejahatan Cyber mendapatkan password   email kita dengan cara meretas karena lemahnya password maka para hacker (sebutan pembobol situs dunia maya) dapat mereset akun-akun/dokumen atau data-data perbankan kita. Jadi jika kita merencanakan untuk membuat atau ingin mengubahnya yang sudah ada, buatlah/ubahlah password kategori kuat, mulai dengan email kita. 

 

3. Hindari Penggunaan Password Umum.

Para hacker sering mulai dengan menggunakan password umum untuk mencoba meretas dan mengakses informasi anda. Jadi hindarilah menggunakan sesuatu istilah yang mudah untuk ditebak. Jika anda telah menggunakan kata-kata/istilah dibawah ini maka segeralah ubah dengan sesuatu yang lebih kuat.

-       Nama hewan peliharaan

-       Tanggal kelahiran

-       Nama pasangan (suami/istri)

-       Tempat liburan favorit

-       Nama anak-anak kita

-       Tanggal peringatan penting

-       Nama anggota keluarga yang lain

-       Tempat tanggal lahir

-       Sesuatu yang berhubungan dengan tim olahraga kita

-       Rangkaian angka

Penting: Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun anda yang berbeda.

 

4. Bagaimana Mengingat Password Kita.

Kita telah meng-set password kuat untuk setiap akun-akun kita, sekarang bagaimana kita untuk mengingatnya semua itu.....

a.                  Metode Loci.  Dengan menggunakan tempat-tempat yang sudah familier/terbiasa dengan kita  maka metode loci dapat membantu kita memfisualisasikan suatu password acak. Contoh, ayo kita gunakan  kata-kata appletree and bike. Sekarang bayangkan saat kita jalan dari kamar tidur menuju pintu depan rumah kita. Tempatkan setiap objek kata-kata tadi sepanjang jalan tersebut ( misalnya, kata apple berada diatas kasur, tree berada dipojok dan bike berada di halaman). Kemudian bayangkan lagi kata-kata objek pada saat kita jalan menuju kamar tidur ke depan pintu halaman rumah kita. Maka password acak akan selalu teringat.

b.         Akronim/singkatan.  Gunakan sebuah frasa/lirik dari suatu lagu yang kita suka/hapal atau sebuah kalimat dari puisi atau buku dan ambilah huruf pertama dari setiap kata. Contoh,  sebuah lirik lagu Beatles – “It’s been a hard day’s night and I’ve been working like a dog”. Maka passwordnya : IBAHDNAIBWLAD.

 

 

c.          Metode Cerita.          Mengingat suatu rangkaian kata-kata kunci dengan menciptakan sebuah cerita dan termasuk detail-detailnya yang dapat diingat. Contoh, ‘the little girl wore a bright yellow hat as she walked down the narrow street…’. Jika kita mengambil semua kata-kata sifat dari kalimat tersebut maka kita akan memperoleh password : littlebrightyellownarrow.

 

Sumber: the OU: Introduction of the cyber security

 

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Tips And Trik" Lainnya