MERAWAT TEKANAN DARAH TINGGI

Kamis, 12 Februari 2015 14:40:31 - Created by : Dep Iptek, Published by : Msuhari
 MERAWAT TEKANAN DARAH TINGGI

MERAWAT TEKANAN DARAH TINGGI

            Tekanan darah yang semakin tinggi yang disebut hypertension, sudah sangat umum. Para penderita pada umumnya tidak menyadari bahwa mereka menderita tekanan darah tinggi. Tetapi bila dibiarkan tanpa perawatan maka itu akan menimbulkan kerumitan yang membahayakan. Orang yang berusia lima puluhan adalah `masa usia penuh resiko`. Tetapi bisa juga terjadi keadaan yang lebih gawat pada usia yang lebih muda. Pengobatan serta perawatan untuk tekanan darah tinggi belum pernah sebaik sekarang ini. Pengobatan modern sudah mampu membawa hasil yang baik sekali bagi banyak orang.

 

 

            Perawatan yang paling mutakhir yang digunakan di seluruh dunia disebut beta-blockers. Nama lainnya adalah beta-adrenergie receptor blockers.

1.         Beta-blockers.

            Yang pertama ditemukan dalam masalah ini adalah :

a.            Propranolol.             Dipakai untuk mengurangi seringnya dan beratnya angina jantung. Juga berguna mengurangi ketidak-teraturan pada jantung. Kemudian terasa juga faedahnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

b.            Diuretik Oral.            Pada mulanya ini digunakan untuk membuang kelebihan cairan dari dalam tubuh. Faedahnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

c.            Chlorothiazide.       Pertama muncul pada tahun 1950-an. Penggunaannya masih tetap luas dan banyak dokter yang mengatakan bahwa ini adalah yang paling mantap untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

 

Obat apapun yang digunakan, obat-obatan tekanan darah tinggi itu sering menimbulkan satu akibat yang mengganggu, antara lain:

a.            Apabila si penderita berdiri, secara mendadak tekanan darahnya turun sehingga ia pusing atau pingsan karena berkurangnya darah pada otaknya pada saat ia berdiri.

b.            Melemahkan libido.

c.            Menimbulkan kekejangan yang berat

d.            Menimbulkan berbagai jenis kembung.

 

2.         Penenang.    Telah menjadi kebiasaan untuk memberikan berbagai obat penenang kepada para pasien yang menderita tekanan darah tinggi supaya mereka menerima keadaan hidupnya dan menghindarkan krisis emosi yang tidak beralasan.

 

Sumber: Jantung Kuat Bernapas Lega oleh Dr. John F. Knight.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Artikel" Lainnya