TIPE MEMPEROLEH SINYAL YANG KUAT DALAM WIRELESS

Jum`at, 6 Februari 2015 12:40:47 - Created by : Dep Iptek, Published by : Sanjaya
TIPE MEMPEROLEH SINYAL YANG KUAT DALAM WIRELESS

Tips Untuk Memperoleh Yang Sinyal Kuat

 Dalam Jaringan Wireless

 

 

 

 

 

            Banyak faktor yang memengaruhi kekuatan sinyal dalam sebuah jaringan Wireless. Berikut ini beberapa faktor yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh sinyal yang kuat.

1.         Jarak dari Access Point.              Semakin jauh jarak dari Acces Point, maka semakin lemah pula sinyal yang Anda peroleh. Misalnya saja, Wi-Fi standar 802.11b yang memiliki jangkauan 30.48 meter dengan kecepatan 11 Mbps hingga 91.44 meter dengan kecepatan 1 Mbps. Sementara itu, di luar ruangan kekuatan sinyal sebesar 11 Mbps hanya dapat diperoleh pada jarak 18.29 meter.


 

2.         Kemampuan Antena yang Terdapat pada Access Point dan Wireless Network Adapter.            Masing-masing antena didesain dengan kemampuan yang berbeda-beda. Beberapa antena didesain untuk mengirimkan gelombang radio ke semua arah dengan merata. Sementara itu, ada pula antena yang hanya bisa memancarkan gelombang radio ke arah tertentu saja. Jadi, perhatikanlah spesifikasi Access Point dan kemampuan antena yang terdapat pada Access Point tersebut.

3.         Jenis Material yang Digunakan untuk Dinding, Lantai,dan Atap.             Beberapa material bisa ditembus oleh gelombang radio dengan cukup mudah namun beberapa material seperti batu bata, air, kertas, logam, dan marmer akan memantulkan sinyal tersebut, sehingga mengurangi kekuatannya.

4.         Lokasi Client.          Penerimaan sinyal juga dipengaruhi oleh jarak antara Access Point dengan komputer yang akan digunakan dalam ruangan tertentu.

5.         Alat Peralatan dalam Rumah.      Alat peralatan/perabotan dalam rumah juga bisa mempengaruhi kekuatan sinyal karena bisa menghalangi sinyal tersebut.

Misalnya saja, pintu dari logam,pipa, dan lain sebagainya.

6.         Objek Bergerak dalam Rumah.  Kekuatan sinyal tidak hanya dapat terhalang oleh objek yang ditempatkan di dalam rumah. Tetapi juga oleh objek yang bergerak seperti manusia.

7.         Jumlah Access Point.       Jika Anda menggunakan lebih dari satu Access Point, maka pastikan Anda telah melakukan setting dengan benar. Jika tidak, maka gelombang-gelombang dari beberapa Access Point bisa saling bertabrakan atau saling mengganggu.

           

Mengenali Faktor-Faktor Penghambat Sinyal Wireless

            Dalam sebuah jaringan Wireless, beberapa material yang digunakan dalam sebuah bangunan dapat menghambat sinyal Wireless. Agar Anda mengetahui seberapa besar hambatan yang ditimbulkan oleh benda-benda yang berada dalam jaringan Wireless, maka berikut ini kami sajikan beberapa material dan besarnya hambatan yang ditimbulkannya.

Material

Besarnya

Hambatan

Contoh

Bahan yang mengandung perak

Sangat Tinggi

Cermin

Logam

Sangat Tinggi

Dinding bagian dalam, Air conditioning, lemari kabinet

Keramik

Tinggi

Ubin, langit-langit

Kertas

Tinggi

Tumpukan kertas koran atau buku

Beton

Tinggi

Lantai, dinding, pilar rumah

Bahan anti peluru

Tinggi

Jendela, pintu

Logam pada kaca

Sedang

Jendela

Tubuh manusia

Sedang

Beberapa orang yang sedang berkumpul

Air

Sedang

Akuarium, kelembaban kayu

Batu bata

Sedang

Dinding, lantai

Marmer

Sedang

Dinding, lantai

Ruangan terbuka

Kecil

Halaman rumah

Kayu

Kecil

Pintu, lantai, dinding

Plaster

Kecil

Dinding bagian dalam (plaster yang lama memiliki hambatan yang lebih kecil bila dibandingkan dengan plaster baru)

Bahan sintetis

Kecil

Penyekat ruangan

Asbes

Kecil

Langit-langit rumah

Kaca

Kecil

Kaca Jendela

 

.                                                                                               By: Zainur R

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Artikel" Lainnya