KASIAT BUAH TOMAT

Senin, 31 Oktober 2011 12:32:03 - Created by : Website Team, Published by : kusnadi
KASIAT BUAH TOMAT

Kasiat Tomat Sebagai Penghasil Anti Oksidan Unik

 

Para peneliti dari Institute of Molecular and Cell Biology (IBMCP) di Spanyol telah berhasil mengidentifikasi sebuah senyawa anti oksidan pada buah tomat, yaitu resveratrol, dengan potensi 14 kali lebih banyak dibandingkan dengan yang terdapat pada anggur merah. Anti oksidan reveratrol diketahui sebagai zat yang dapat menghambat penuaan.
Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di sebuah jurnal ilmiah, Environmental and Experimental Botany, baru-baru ini.
Anti oksidan memiliki banyak manfaat kesehatan, diantaranya mencegah munculnya penyakit jantung koroner dan kanker. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan anti oksidan 4.5 kali lebih besar dibandingkan dengan vitamin E dan 10 kali lipat dibandingkan dengan vitamin C.
Senyawa anti oksidan yang terdapat dalam tomat dihasilkan sebagai respon dari biotic atau abiotic stress. Biotic stress terjadi sebagai akibat dari kerusakan pada tanaman yang disebabkan oleh organisme lain seperti bakteri, virus, jamur, parasit atau serangga.
Resveratrol, yang termasuk ke dalam kelompok senyawa phenol memiliki banyak kasiat, yaitu sebagai pengawet makanan, untuk mencegah penuaan dini dan sebagai bahan tambahan pada produk-produk suplemen.
Jadi mulai hari ini, biasakanlah mengunsumsi buah tomat. Kasiat tomat begitu besar bagi kesehatan. Selain harganya relatif murah, tomat juga bisa kita peroleh dengan mudah. Selamat mencoba. (thehindu.com)

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Kesehatan" Lainnya