UWIKA DAN STTAD TEKEN MoU KERJASAMA

Kamis, 10 Februari 2011 11:09:50 - Created by : Website Team, Published by : kusnadi
UWIKA DAN STTAD TEKEN MoU KERJASAMA

UWIKA DAN STTAD TEKEN MoU KERJASAMA


       Unsur pimpinan Universitas Widya Kartika (Uwika) yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor 1, Ketua LPPM antara UWIKA dan Lemjiantek Kodiklat TNI AD / STTAD Malang. Kaprodi dan dosen T.Informatika, Sabtu, 30 Oktober 2010, mengahadiri acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU).

     Kepala Lembaga Pengkajian Teknologi Kol. (Arm) Ir. Dadang Danuardi, SM., M.T. dan Rektor Uwika, Dr. Ir. Gembong Baskoro, M.Sc. menyatakan sepakat untuk menggali potensi dua lembaga agar dapat saling mengisi dalam hal peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat.


    Lemjiantek/STTAD adalah lembaga pendidikan kedinasan TNI AD yang mendidik perwira siswa (pasis) TNI AD baik D3 maupun S1 dalam hal Teknologi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista). Karena itu peran Lemjiantek/ STTAD akan menjadi sangat vital ke depan seiring upaya kemandirian Alutsista khususnya TNI AD. Sedangkan Uwika adalah sebuah perguruan tinggi yang memiliki tiga fakultas yaitu Teknik, Ekonomi, dan Bahasa yang didalamnya memiliki keunggulan yang dapat dimanfatkan bersama.


       Selepas acara protokoler yang sangat ketat sejak awal kedatangan hingga prosesi penandatanganan MoU, acara dilanjutkan dengan kuliah tamu yang diberikan oleh Rektor Uwika, Dr. Ir. Gembong Baskoro, M.Sc. Dengan topik “Peran Teknologi dalam Perkembangan Organisasi”, kuliah tamu dihari oleh seluruh pejabat Lemjiantek/STTAD dan Unsur pimpinan Uwika juga diikuti oleh Perwira Siswa (Pasis) Lemjiantek/STTAD.


       Kuliah yang diangkat oleh Dr. Ir. Gembong Baskoro, M.Sc. sesuai dengan kondisi lingkungan tempatnya mengisi perkuliahan, yaitu Lemjiantek/STTAD. STTAD adalah tempat mendidik manusia dengan kepemimpinan yang benar-benar menjadikan manusia memiliki tingkat disiplin dan jiwa kepemimpinan yang pas untuk negara ini. Selain itu, Lemjiantek merupakan lembaga yang fokus pada pengembangan teknologi terutama teknologi Alutsista.

     Untuk tenologi sekarang ini, bergantung pada manusia sebagai pemegang ilmu pengetahuan sejauh mana mengembangkan teknologi tesebut. Berdasarkan kuliah yang diberikan Dr. Gembong, untuk mendapatkan teknologi yang benar-benar dalam tahap teknologi aplikatif, maka kita harus menguasai pengetahuan itu sampai tahap tacit (benar-benar menjiwai) ilmu yang dimiliki. Sehingga ilmu tersebut sudah menyatu dengan diri manusia itu sendiri.

       Lantas bagaimana peran teknologi terhadap perkembangan organisasi? Dalam organisasi, jelas  Rektor Gembong Baskoro, teknologi dapat dipakai untuk menjembatani pembangunan teknologi untuk membantu m,enuju kematangan organisasi.

        Menurut dia, dalam organisasi terdapat berbagai macam jenis kepemimpinan dan bagaimana menyatukan visi dan misi untuk mencapai tujuan. Karena pada intinya organisasi adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan.

       Acara kuliah tamu di akhiri dengan Tanya jawab yang di tanggapi dengan sangat antusias oleh peserta yang dilihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan. Beberapa di antaara perwira siswa menanyakan tentang bagaimana berkomunikasi dengan efektif, sehingga tercipta manusia yang unggul dalam mencapai tujuan melalui organisasi terutama demi bangsa dan Negara Indonesia.

      Pada akhir kuliyahnya Dr. Gembong Baskoro, menekankan bahwa kata kuncinya terletak pada orang di balik teknologi dan organisasi tersebut. Untuk itu perlu adanya upaya agar dapat meningkatkan daya saing manusia dalam hal ini meliputi faktor IQ (Intelegensia), PQ (Fisik/Jasmani), dan EQ (Perilaku).

       Rektor Uwika juga menegaskan bahwa dari keriga faktor ini EQ (Perilaku) menjadi hal yang perlu dikembangkan oleh setiap orang atas inisiatif sendiri agar dapat tercapai daya saing pribadi, baik kopetitif maupun komparatif, dan keunggulan yang di harapkan oleh Bangsa dan Negara. Setiap manusia akan lebih baik apabila faktor EQ (Perilaku) yang dimiliki juga baik.

(Sumber : WIKA NEWS | edisi:002 | Th-I | 2010)

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Umum" Lainnya