KOLONI BAKTERI DI KULKAS

Kamis, 20 Oktober 2011 12:53:05 - Created by : Website Team, Published by : kusnadi
KOLONI BAKTERI DI KULKAS

 

Tahukah Anda: Ada Lebih dari 8.000 Koloni Bakteri di Kulkas Kita

Republika

 

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Jangan dikira di dalam kulkas kuman ikut membeku. Justru di kulkas, beberapa jenis bakteri tumbuh subur. "Salad yang disimpan di kulkas 750 kali berpotensi tercemar bakteri, kata Paul McDonnell, seorang peneliti.

Ia menyebut, sejumlah bakteri mematikan juga tahan dengan suhu kulkas, seperti E coli dan salmonella. Sedikitnya, 8.000koloni bakteri ada di dalamnya.

Tes yang dilakukan, terdapat sekitar 7.850 unit koloni bakteri (cfu) per cm persegi. Padahal, untuk dikatagorikan sebagai bersih dari bakteri, standarnya adalah 0-10 cfu/cm2.

Namun McDonnell menyatakan kulkas tetap penting untuk menjaga makanan tetap aman dikonsumsi dan meminimalkan kemungkinan bakteri dan pertumbuhan jamur yang bisa menyebabkan masalah besar.

"Kinerja kulkas ini terutama penting dalam cuaca hangat, saat suhu lingkungan yang tinggi menyebabkan potensi bakteri untuk berkembang biak menjadi tinggi pula.

Suhu rendah kulkas, katanya, akan menghambat pertumbuhan bakteri. Ketika bakteri mendapatkan pijakan dan pembersihan tidak dilakukan mereka akan cenderung untuk memperbanyak selama periode waktu tertentu.


kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Kesehatan" Lainnya