KONVERSI TABEL TEMBAK MUNISI KALIBER 105 mm

Senin, 12 September 2011 11:35:52 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
KONVERSI TABEL TEMBAK MUNISI KALIBER 105 mm

KONVERSI TABEL TEMBAK MUNISI KALIBER 105 mm HE M1 YUGO DENGAN MENGGUNAKAN SENJATA MERIAM 105 mm

 HOW M101 A1 USA

 

OLEH :

  MAHYUDDIN

SERSAN SATU NRP 21010237091081 Balistik ≠ 13

 

1.         Umum.

a.     Dengan semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang persenjataan, khususnya persenjataan Artileri maka negara-negara yang sudah memiliki teknologi canggih saling berlomba dan bersaing dalam penguasaan dan pembuatan senjata Artileri. Dengan adanya kemajuan dibidang persenjataan tersebut, maka merupakan suatu tantangan bagi Artileri kita khususnya untuk satuan Artileri Medan untuk dapat lebih meningkatkan kemajuan dibidang persenjataan yang digunakan dalam hal ini yaitu senjata meriam 105 mm Howitzer ( M101 A1 ) USA. Artileri Medan telah memiliki beberapa jenis senjata meriam dan salah satunya adalah meriam 105 mm Howitzer ( M101 A1 ) buatan Amerika yang memiliki kemampuan dalam operasional yaitu kemampuan bergerak pindah kedudukan, menjelajah medan yang relatif cepat, stabilitas tetap pada kedudukan pada waktu menerima kejutan-kejutan ( hentakan-hentakan ) dalam penembakan, kemampuan tembakan meliputi daerah sasaran yang luas dan jarak capai yang cukup jauh, tanpa pindah steling/kedudukan dan kemampuan untuk menghancurkan sasaran personil maupun materiil yang ditimbulkan oleh bermacam-macam munisi yang dapat digunakan untuk meriam 105 mm Howitzer ( M101 A1 ) USA.

b.        Dengan adanya embargo yang dilakukan oleh negara Amerika Serikat mengakibatkan pembelian munisi produk Amerika Serikat tidak dapat dilaksanakan. Dengan demikian, untuk senjata meriam 105 mm Howitzer       ( M101 A1 ) USA tidak dapat menggunakan munisi 105 mm USA. Untuk mengatasi hal ini maka dalam penembakan meriam 105 mm Howitzer             (  M101 A1 ) USA menggunakan munisi 105 mm HE M1 YUGO, dimana untuk persediaan munisi 105 mm HE M1 YUGO cukup banyak dan masih bisa melaksanakan pembelian munisi tanpa dipengaruhi oleh embargo. Dalam penembakan senjata meriam 105 mm Howitzer ( M101 A1 ) USA menggunakan munisi 105 mm HE M1 YUGO tersebut terjadi penyimpangan pada jarak tembak, dimana jarak yang ditempuh di sasaran berbeda dengan jarak tembak yang ada di tabel tembak meriam 105 mm Howitzer.

c.         Dari permasalahan di atas maka perlu adanya pembuatan tabel tembak meriam 105 mm Howitzer yang baru, sesuai dengan munisi yang digunakan. Pembuatan tabel tembak ini berdasarkan pada kondisi tekanan udara standar di Indonesia dimana dilakukan penembakan, sehingga kita akan mendapatkan tabel tembak yang akurat untuk senjata 105 mm Howitzer M101 A1 USA dengan menggunakan munisi 105 mm HE M1 YUGO agar dapat digunakan sebagai pedoman pada satuan-satuan pemakai ( Armed ).

2.         Maksud dan Tujuan.

a.         Maksud.         Maksud penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk membuat tabel tembak senjata 105 mm HOW ( M101 A1 ) USA dengan menggunakan munisi 105 mm HE M1 YUGO.

b.         Tujuan.          Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai pedoman di lapangan bagi satuan Armed dalam penggunaan munisi kaliber 105 mm HE M1 YUGO dengan menggunakan senjata kaliber 105 mm HOW (  M101 A1  ) USA.

 

3.      Ruang Lingkup dan Tata Urut.

a.      Ruang Lingkup.        Untuk membatasi pembahasan Tugas Akhir ini maka penulis tidak membahas balistik dalam, balistik akhir,  mengabaikan besarnya pengaruh angin balistik dan derivasi yang terjadi dengan ruang lingkup sebagai berikut :

1)      Menghitung jarak capai, tinggi lintasan dan waktu tempuh  proyektil ke sasaran.

2)     Pembuatan tabel tembak munisi 105 mm  HE M1 YUGO dengan menggunakan senjata 105 mm HOW ( M101 A1 ) USA pada isian 7.

 

b.         Tata Urut.      Adapun sistematika di dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :

BAB I             PENDAHULUAN

BAB II                        TINJAUAN PUSTAKA

BAB III          METODE PENELITIAN

BAB IV          HASIL DAN PEMBAHASAN

BAB V            KESIMPULAN DAN SARAN

BAB VI          PENUTUP

 

4.         Pendekatan.               Dalam penulisan Tugas Akhir ini, pendekatan yang digunakan penulis adalah sebagai berikut :

            a.         Deduktif.        Dalam penulisan Tugas Akhir menggunakan  Literatur atau kepustakaan yang dapat mendukung dalam penyelesaian permasalahan dalam penelitian.

            b.         Induktif.         Dalam penulisan Tugas Akhir menggunakan pendekatan Empiris, dimana pengambilan data melalui pengamatan yang berhubungan dengan permasalahan penelitian yang nantinya akan mendapatkan suatu kesimpulan.

                        Adapun metode yang digunakan yaitu melakukan diskusi dengan Dosen Pembimbing serta orang-orang yang mempunyai ilmu balistik              ( interview ).

5.       Pengertian - pengertian.

a.        Angin Balistik adalah angin yang dapat mempengaruhi jalannya proyektil, dapat menambah jarak tembak maupun mengurangi dan dapat mengakibatkan penyimpangan baik ke samping kanan maupun ke samping kiri.

b.      Derivasi adalah penyimpangan proyektil ke samping akibat dari rotasi, perlawanan udara dan gaya yang ditimbulkan oleh massa proyektil itu sendiri.

c.     Koefisien Balistik adalah nilai efektivitas atau kemampuan dari sebuah pelor/proyektil dalam mengatasi hambatan udara pada saat melintas di udara.

d.       Konversi adalah perubahan.

e.   Tabel tembak adalah tabel yang berisi tentang jarak, sudut dan isian dorong dalam suatu penembakan dimana pengaruh angin, suhu dan tekanan udara dalam keadaan standar untuk dijadikan pedoman di lapangan bagi satuan pemakai.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya