ANALISA BALISTIK SENJATA SS2-V1

Senin, 12 September 2011 09:28:36 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
ANALISA BALISTIK SENJATA SS2-V1

ANALISA BALISTIK SENJATA SS2-V1 HASIL MODIFIKASI SENJATA SS1-V1

 

Oleh :

Feri Sri Widodo

Sersan Satu NRP 21990079940878 Balistik ≠ 13

 

1.         Umum.          

a.         Senjata-senjata tempur perorangan kaliber 5,56 mm yang ada di lingkungan TNI AD banyak macamnya, seperti: M16-A1, FNC, SS1 dan MINIMI. Ini merupakan senjata tempur TNI AD yang difungsikan utama untuk perang konvensional. Diantara senjata kaliber 5,56 mm, terdapat senjata SS1-V1 yang diproduksi oleh PT.PINDAD. Karena kebutuhan operasional dalam pertempuran konvensional maka penggunaan senjata SS1-V1 perlu peningkatan kemampuan senjata baik dari jarak capai, ketelitian tembak dan kemampuan membunuhnya. Sehingga dapat lebih efektif dan efisiensi baik dalam penggunaannya, maupun dihadapkan pada musuh yang memiliki kemampuan senjatanya yang lebih baik.

b.         Dari hal ini dirasa peningkatan kemampuan sangat perlu dibekalkan pada prajurit yang sedang melaksanakan tugas operasi. Oleh karena itu PT.PINDAD menciptakan senjata SS2-V1 hasil dari modifikasi senjata SS1-V1 untuk kebutuhan tugas tersebut. Senjata SS2-V1 memiliki kelebihan seperti laras lebih panjang, berat senjata lebih ringan dan dirancang lebih ergonomis (desain disesuaikan dengan postur tubuh, nyaman digunakan untuk posisi tembakan). Oleh sebab itu dengan adanya hal tersebut, perlu adanya pemecahan masalah melalui teori / perhitungan balistik tentang kemampuan dari senjata SS2-V1 bila dibandingkan dengan senjata SS1-V1 yang menggunakan MU5-TJ melalui cara membandingkan hasil perhitungan balistik kedua senjata tersebut.

c.         Dari permasalahan tersebut diatas maka penulis mencoba untuk membuat suatu tugas akhir dengan judul "ANALISA BALISTIK SENJATA SS2-V1 HASIL MODIFIKASI SENJATA SS1-V1" untuk memberikan gambaran nyata tentang kemampuan senjata SS2-V1 dan SS1-V1 pada prajurit TNI AD.

 

2.         Maksud dan Tujuan.        

a.         Maksud.        Maksud penulisan tugas akhir ini adalah untuk menganalisa tentang perubahan panjang laras senjata SS2-V1 yang merupakan hasil modifikasi dari senjata SS1-V1 ditinjau dari ilmu balistik.

b.         Tujuan.          Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk memberikan gambaran secara perhitungan ilmu balistik tentang kemampuan senjata SS2-V1 dan SS1-V1 pada prajurit TNI AD.

 

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut.

a.         Ruang Lingkup.      Pada penulisan ini akan membahas tentang perhitungan balistik dalam, luar dan akhir senjata SS2-V1 hasil modifikasi (penyempurnaan) senjata SS1-V1 yang memiliki laras lebih panjang sehingga penyusun membatasi masalah yang akan dibahas meliputi:

            1)         Batasan Masalah

                        a)         Balistik Dalam:

                        (1)       Menghitung tekanan gas didalam laras.

                        (2)       Menghitung energi mulut laras.

                        (3)       Menghitung kecepatan pelor setiap perubahan jarak didalam laras.

                        (4)       Menghitung waktu pelor setiap perubahan jarak didalam laras.

                        (5)       Menghitung energi recoil.

                        (6)       Menghitung cepat putar pelor didalam laras.

            b)         Balistik Luar:

                        (1)       Menghitung bentuk lintasan pelor.

                        (2)       Menghitung kecepatan pelor di tiap titik.

                        (3)       Menghitung energi kinetik di lintasan.

            c)         Balistik akhir:

                        (1)       Menghitung  titik kena rata- rata ( TKRR).

                        (2)       Menghitung probability of hit (Ph).

                        (3)       Menghitung probability of kill (Pk).

 

2)         Rumusan Masalah.      Penulis memberikan suatu perumusan masalah untuk mengetauhi bagaimana pengaruh terhadap perubahan panjang laras pada senjata SS2-V1 hasil modifikasi senjata SS1-V1 dengan menggunakan MU5-TJ melalui perhitungan balistik.

b.         Tata Urut.     Tugas akhir ini kami tulis dengan sistematika sebagai berikut:

                        1)     BAB I     :           PENDAHULUAN

                        2)     BAB II    :           TINJAUAN PUSTAKA

                        3)     BAB III   :          METODE PENELITIAN

                        4)     BAB IV   :          HASIL DAN PEMBAHASAN

                        5)    BAB V     :          KESIMPULAN DAN SARAN

                        6)    BAB VI    :          PENUTUP

4.         Pendekatan.     Dalam penulisan tugas akhir ini pendekatan-pendekatan yang digunakan penulis adalah menggunakan metode sebagai berikut:

a.         Deduktif ( study kepustakaan ).             Dalam penulisan tugas akhir menggunakan literatur atau kepustakaan yang berhubungan dengan permasalahan penelitian.

b.         Induktif ( study lapangan ).               Dalam penulisan tugas akhir menggunakan pendekatan empiris dimana pengambilan data melalui pengamatan dan data pengujian yang berhubungan dengan permasalahan penelitian.

5.         Pengertian-pengertian.

a.      Balistik Dalam.     Adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang proses terjadinya tembakan yang dimulai dari pembakaran isian dorong dan fenomena yang terjadi pada pelor selama melintas didalam laras.

b.         Balistik Luar.    Adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang proses saat pelor keluar dari mulut laras dan akan membentuk suatu lintasan dengan segala pengaruhnya seperti  kecepatan dan sudut penembakan.

c.         Balistik akhir.     Adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang akhir dari suatu lintasan pelor yang ditunjukan pada sasaran dan dampak dari hasil perkenaannya.

d.         Senjata SS2-V1.        Adalah suatu senjata hasil modifikasi (penyempurnaan) dari senjata SS1-V1 buatan PT. PINDAD.

e          Senjata SS1-V1.        Adalah suatu senjata hasil prodiksi PT.PINDAD yang merupakan lisensi dari senjata FNC buatan negara Belgia.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya