MEMPERSIAPKAN DANA PENDIDIKAN ANAK

Rabu, 24 Agustus 2011 09:08:28 - Created by : Website Team, Published by : kusnadi
MEMPERSIAPKAN DANA PENDIDIKAN ANAK

 


Meskipun waktu menabung bisa ditunda, usia anak masuk sekolah tidak dapat ditunda. Saya sangat senang bila ternyata anda membaca ulasan ini jauh hari sebelum anak anda masuk sekolah. Bagi anda yang terlambat membaca ulasan ini tidak jadi masalah.

Anda masih belum terlambat. Hanya saja beban anda untuk memersiapkan dana pendidikan anak menjadi bertambah karena waktu anda untuk mempersiapkannya menadi lebih singkat. Sekedar mengingatkan kenapa anda perlu menyiapkan biaya pendidikan mulai dari sekarang adalah :

Biaya Pendidikan Sangat Mahal

Biaya pendidikan terutama di Kota Besar naik pesat seiring dengan banyaknya permintaan untuk bersekolah di sekolah favorit dengan alasan kualitas pendidikan, jarak dari rumah, transportasi dan lain sebagainya. Anda mungkin pernah mendengar bahwa salah satu TK swasta terkenal di Indonesia menawarkan tariff sebesar Rp. 7 - 10 Juta. Perguruan tinggi pun tidak kalah mahal, untuk dapat masuk ke fakultas kedokteran ternama anda mungkin dikenakan biaya gedung / biaya administrasi yang sama dengan harga sebuah mobil kijang inova seri terbaru. Untuk itulah anda perlu menghitung dan mencicik biaya pendidikan anak anda mulai dari sekarang!

Biaya pendidikan selalu meningkat dari tahun ke tahun

Tidak dipungkiri inflasi selalu terjadi dari tahun ke tahun. Dewasa ini justru dengan naiknya harga minyak dunia ke level yang sangat tinggi mengakibatkan kenaikan harga di banyak kebutuhan pokok manusia terutama produk pertanian dan peternakan. Terimbas dari hal ini biaya pendidikan juga selalu meningkat dari tahun ke tahun. Dengan alasan ini lah anda perlu mempersiapkan biaya pendidikan anak agar selalu dapat mengimbangi terjadinya inflasi.

Keadaan keuangan orang tua belum tentu sama baiknya

Tidak ada satupun yang bisa meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan. Dengan alasan inilah anda tidak boleh sembrono dan beranggapan bahwa anda akan selalu ada ketika anak anda membutuhkan biaya pendidikan kelak. Mereka yang bekerja di perusahaan dan digaji mungkin tidak akan bisa selalu bisa mengandalkan gajinya. Ketika terjadi suatu musibah yang menyebabkan kita tidak bisa lagi bekerja, pendidikan anak dapat menjadi taruhan yang terlalu mahal. Alasan ini lah yang mendasari perlunya anda melirik asuransi pendidikan maupun tabungan pendidikan lain.

Usia anak masuk sekolah tidak dapat ditunda

Ketika anda ingin membeli mobil baru atau melakukan renovasi rumah, dengan mudah anda dapat menunda pengeluaran biaya untuk itu. Karena mobil baru ataupun renovasi rumah dapat anda lakukan kelak ketika anda sudah mempunyai uang yang cukup. Lain halnya dengan anak yang sudah harus masuk sekolah. Tidak mungkin bukan anda harus menunda anak anda masuk SD hanya karena anda tidak mempunyai cukup uang untuk membayar besarnya uang pangkal?

Beberapa point diatas merupakan alasan untuk segera menganggarkan/menyiapkan dana pendidikan anak secepat mungkin. Terkait dengan besarnya biaya yang harus kita keluarkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak, kami sarankan kepada anda untuk menyiapkan dana pendidikan tersebut mulai dari TK sampai dengan perguruan tinggi sekalian.

Ini dimaksudkan agar meringankan beban di masa mendatang dengan munculnya adanya biaya pendidikan saat anak mulai masuk TK, SD, SMP, SMA sampai dengan Perguruan Tinggi. Beberapa agen perencana keuangan mungkin dapat membantu anda untuk menghitung perkiraan kebutuhan pendidikan ini. Yang perlu anda ingat adalah walaupun perkiraan kebutuhan pendidikan tersebut tidak selalu benar, masih lebih baik bila kita memperkirakannya sekarang dari pada menghadapinya esok tanpa persiapan sama sekali.

Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Beberapa cara untuk mempersiapkan biaya pendidikan diantaranya adalah dengan mengikuti produk asuransi pendidikan, tabungan pendidikan ataupun investasi dalam bentuk reksa dana / jual beli saham.

Secara singkat bila kita mengikuti asuransi pendidikan, kita akan diwajibkan untuk membayar premi dengan jumlah dan waktu tertentu (sesuai kemampuan). Pada saat anak masuk TK, masuk SD, masuk SMP, masuk SMA sampai dengan perguruan tinggi, anda akan mendapatkan dana pendidikan dari asuransi pendidikan yang anda ikuti. Kelebihan dari produk ini adalah ketika terjadi sesuatu dengan diri anda di kemudian hari (meninggal), dana pendidikan untuk anak anda masih dapat dikeluarkan bila saatnya telah tiba.

Produk tabungan pendidikan yang dikeluarkan oleh perbankan di Indonesia juga tidak kalah menarik. Bank bersedia memberikan bunga lebih tinggi apabila anda membuka tabungan pendidikan. Anda diwajibkan menyetor sejumlah tertentu (yang anda sepakati sebelumnya) secara rutin per bulan sampai dengan jangka waktu tertentu. Anda juga bebas untuk menyetor lebih dari yang anda sepakati. Anda masih diperkenankan untuk melakukan penarikan namun biasanya dikenakan penalty atas bunga tabungan yang berjalan.

Investasi dalam bentuk reksa dana dan jual beli saham merupakan salah satu komponen investasi yang menjanjikan return yang tinggi. Namun demikian seperti kata pepatah "high risk high return", resiko yang ada dalam instrument investasi ini juga lebih tinggi.

http://e-kehamilan.blogspot.com/2008/08/dana-pendidikan-anak.html

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Artikel" Lainnya