PENTINGNYA PENDIDIKAN TEKNOLOGI DASAR

Selasa, 23 Agustus 2011 08:40:49 - Created by : Website Team, Published by : kusnadi
PENTINGNYA PENDIDIKAN TEKNOLOGI DASAR

Pendidikan Teknologi Dasar Masuk Kurikulum SD-SMP

Pendidikan Teknologi Dasar Masuk Kurikulum SD-SMP
Pada tahun ajaran 2011/2012 ini, Pendidikan Teknologi Dasar (PTD) akan mulai dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di tingkat SD dan SMP.  (Oleh: Ageng Rustandi)
Jabar - Kamis, 23 Juni 2011 | 10:24 WIB

INILAH.COM, Bandung - Pada tahun ajaran 2011/2012 ini, Pendidikan Teknologi Dasar (PTD) akan mulai dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di tingkat sekolah dasar SD dan sekolah menengah pertama (SMP).

Dosen Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Teguh Chandra menuturkan, dimasukkannya PDT dalam kurikulum pendidikan menjadi salah satu cara mengenalkan teknologi kepada masyarakat umum.

"PDT penting untuk menciptakan sumberdaya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi. Untuk itu, kita harus siapkan sejak dini," ujar Teguh saat ditemui wartawan di sela-sela acara seminar 'Peran Sains dan Teknologi Nuklir di Bidang Kesehatan, Lingkungan, Industri dan Pendidikan dalam Mendukung Pembangunan Nasional' di Auditorium FPMIPA UPI Bandung, Jalan Setiabudhi Kota Bandung, Rabu (22/6/2011).

Saat ini, ada sekitar 70 SD dan SMP Rintisan Sekolah Berbasis Internasional (RSBI) di Jabar yang sudah menerapkan PTD pada siswa-siswanya.

PDT pun, lanjutnya, bisa dimanfaatkan untuk menyosialisasikan teknologi nuklir. Hal ini bukan berarti mengajarkan siswa untuk menjadi ahli nuklir.

"Yang terpenting adalah siswa bisa mengerti tentang berbagai kegunaan nuklir bagi kehidupan," tandasnya.[den]

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Artikel" Lainnya