ANALISA PERHITUNGAN COOK OF SENAPAN MESIN

Selasa, 16 Agustus 2011 09:08:11 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
ANALISA PERHITUNGAN COOK OF SENAPAN MESIN

ANALISA PERHITUNGAN COOK OFF SENAPAN MESIN SEDANG SM2-V1 PINDAD MENGGUNAKAN MUNISI MU2-TJ DITINJAU DARI PERHITUNGAN BALISTIK DALAM 

 

 Oleh,

    Gelar Gumilar

Sersan Satu Nrp. 21040295611082 Balistik ≠ 15

 

1.            Umum.           Senapan Mesin Sedang FN-MAG di produksi oleh Fabrique Nationale (FN) Belgia yang berfungsi sebagai senapan  otomatis pada kendaraan - kendaraan taktis dan tempur TNI, Dalam operasi pertempuran senjata ini berfungsi untuk menghalau musuh dalam jumlah banyak karena keluarnya peluru secara terus menerus sehingga dapat melumpuhkan musuh dalam jumlah banyak sehingga dapat menunjang keberhasilan dalam pertempuran, selain mempunyai jarak tembak yang cukup jauh juga mobilitasnya tinggi pada setiap pergerakan pasukan,,  seiring dengan berjalannya waktu maka senapan ini mulai memiliki kendala, salah satunya adalah selain faktor usia senjata, juga karena suku cadangnya yang sulit terutama pada bagian laras sebagai komponen utama, sehingga sebagian besar dari  laras sudah banyak yang rusak akibat faktor - faktor tersebut dan salahnya perawatan dan penggunaan.

Senapan Mesin Sedang SM2-V1 adalah salah satu produk PT.Pindad yang merupakan pengganti dari FN MAG buatan Belgia yang diharapkan mampu mengatasi kebutuhan TNI akan Senapan Otomatis, dengan diproduksinya SM2-V1 ini maka permasalahan akan suku cadang sedikitnya akan teratasi karena tidak harus membeli sampai ke luar negeri, Kemampuan dari senapan ini harus teruji terutama pada bagian laras karena saat menahan panas dari hasil pembakaran isian dorong dan saat penembakan secara otomatis berlangsung, karena kemampuan dari suatu laras akan menunjang kelancaran dari proses penembakan maka secara tidak langsung hal ini menjadi prioritas utama pada produksi Senapan SM2 ini, tembakan yang dillakukan secara otomatis atau terus menerus akan menyebabkan panas laras semakin naik sehingga kemungkinan bisa menyebabkan terjadinya penembakan sendiri atau isian dorong terbakar akibat panas laras yang  ada,  dalam ilmu balistik hal ini di sebut dengan Cook Off,  untuk pengertian  Cook Off itu sendiri adalah peristiwa terbakarnya isian dorong dalam laras yang bukan karena percikan api dari penggalak tetapi karena menerima panas yang cukup tinggi dari laras.

Jika suatu senjata ditembakan secara terus menerus maka akan terjadi proses panas akibat gesekan di dalam laras antara pelor dan dinding laras, sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi struktur bahan logam laras. Hal ini perlu kita antisipasi agar tidak menimbulkan kerugian secara langsung dan salah satu pencegahannya adalah dengan perawatan pada saat penggunaan dan memperhatikan batas kemampuan laras, sebelumnya kita perlu mengetahui sampai berapa kali tembakan secara terus menerus tersebut dapat menyebabkan Cook Off sehingga akan mengakibatkan laras tersebut cepat rusak, bengkok, mengembang dan hasil perkenaan tembakan tidak dapat maksimal, berdasarkan hal tersebut maka dalam hal ini penulis akan membahas tentang  

" ANALISA PERHITUNGAN COOK OFF SENAPAN MESIN SEDANG SM2-V1 PINDAD MENGGUNAKAN MUNISI MU2 TJ DITINJAU DARI PERHITUNGAN BALISTIK DALAM  ".

 

2.         Maksud dan Tujuan.

a.         Maksud.        Adapun maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk menganalisa proses terjadinya Cook Off pada Senapan Mesin Sedang SM2-V1 Pindad akibat  panas yang ditimbulkan oleh pembakaran isian dorong.

 b.        Tujuan.          Adapun tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk  memberikan masukan kepada satuan di jajaran TNI AD dan bagi satuan pemakai senapan mesin sedang agar standar perawatan pada senjata lebih diperhatikan dan diharapkan mampu mengetahui batas kemampuan laras menahan panas serta waktu akan melaksanakan penggantian laras pada saat senjata di gunakan sehingga tidak terjadi Cook Off .

 

3.            Manfaat Penelitian.

Adapun manfaat dari penulisan tugas akhir ini adalah selain untuk penulis di harapkann juga bisa bermanfaat bagi TNI sehingga bisa di jadikan sebagai sebagai tolak ukur dalam penggunaan dan perawatan pada senjata  dan dapat mempertahankan usia masa pakai dari senjata tersebut karena hal ini merupakan salah satu syarat dari perawatan dan pemeliharaan pada materiil.

 

4.         Ruang lingkup dan Tata Urut.   

a.         Ruang lingkup.      Pada penulisan ini penulis akan membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi dalam perhitungan guna mendapatkan hasil dan fungsi dari alat yaitu :

             1)         Balistik Dalam yaitu menghitung energi isian dorong.

             2)         Perhitungan energi rambat panas yang terjadi pada laras secara empiris .

             3)         Perhitungan perpindahan panas.

b.         Tata Urut.     Tata urut penulisan tugas akhir ini meliputi:

            1)         BAB I              :     PENDAHULUAN

            2)         BAB II             :     TINJAUAN PUSTAKA

            3)         BAB III            :     METODE  PENELITIAN

            4)         BAB IV           :      ANALISA DAN PEMBAHASAN

            5)         BAB V            :      KESIMPULAN DAN SARAN

            6)         BAB VI           :      PENUTUP

 

5.         Pengertian - Pengertian.

a.         Laras             adalah suatu perlengkapan yang terdapat pada senjata api ringan atau berat yang mempunyai alur dan galangan yang berfungsi sebagai pengarah pelor menuju ke sasaran.                       

b.         Senjata Senapan Mesin Sedang SM2-V1        adalah salah satu jenis senapan mesin sedang  hasil modifikasi dari senjata FN MAG / GFMG buatan Belgia  yang diproduksi oleh PT.PINDAD (persero).

c.         Munisi adalah bahan peledak yang dilengkapi peralatan pengumpan yang apabila mendapat umpan yang tepat dapat meledak, sehingga dapat digunakan untuk menghancurkan, merusak sasaran dan tujuan tertentu.

d.         Mu2-TJ adalah munisi kaliber 7,62 X 51 mm dengan bentuk pelor jenis tajam dan inti pelornya timah produksi PT. PINDAD.

e.         Cook Off  adalah peristiwa terbakarnya isian dorong dalam laras yang bukan karena percikan api dari penggalak tetapi karena menerima panas yang cukup tinggi dari laras.

f.          Isian dorong.           Isian dorong adalah suatu isian yang didalamnya terdapat beberapa komposisi kimia berfungsi untuk menghasilkan gas panas tekanan didalam kelongsong / laras senjata untuk mendorong pelor (proyektil) sehingga pelor bergerak maju meluncur didalam laras, akhirnya keluar dari laras.

 

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya