RANCANG BANGUN PELUNCUR ROKET ELEKTRA

Senin, 8 Agustus 2011 09:40:14 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya

RANCANG BANGUN SISTEM PENEMBAKAN ACAK DAN KENDALI TEMBAK PADA PELUNCUR ROKET ELEKTRA 316 L-AD

 

OLEH

SERTU SYARIF QOMARUDIN ELKA ≠ 16

 

1.         Umum.           Konflik perbatasan menjadi masalah aktual dewasa ini dan yang masih hangat adalah yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia tentang kepemilikan pulau Sipadan dan Ligitan dimana dalam pendekatan Diplomatik Indonesia tidak dapat mempertahankan kedua pulau tersebut sebagai wilayah negara kesatuan republik indonesia. Sebagai negara maritim dengan daerah yang luas, selain perlu mempertahankan diri dengan militer juga perlu mempertahankan diri dengan teknologi sistem senjata yang dapat dikendalikan dari jarak jauh.

           Teknologi sistem senjata yang dikendalikan dengan sistem komputer telah berkembang dengan pesat, salah satunya adalah teknologi sistem senjata roket, khususnya roket multi louncher dimana sistem kendali tembaknya dapat diprogram secara komputerisasi, sehingga pimpinan penembakan dapat menentukan secara acak dan berurutan untuk menembakan roket tersebut. Rancang bangun desain roket yang akan dikerjakan dalam penelitian tugas akhir Diploma 3 Tehnik Elektronika Angkatan XVI dimana sistem peluncurnya dibuat dengan sistem kendali komputer yang diberi nama Sistem Peluncur Roket Elektra 316 L-AD.

          Rancang bangun sistem peluncur roket Elektra 316 L-AD di desain dengan sistem komputerisasi. Pada peluncur roket ini menggunakan sistem kontrol elektronik secara jarak jauh baik pengaturan sudut azimuth, elevasi maupun tembakan serta dilengkapi juga dengan sistem penembakan secara acak sesuai dengan keinginan operator. Dengan tujuan mendukung tugas pokok dan memberdayakan kemampuan sumber daya manusianya sendiri.

Agar lebih fokus penulis membahas tentang sistem penembakan acak dan kendali tembak merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mengatur tembakan secara bervariasi sesuai keinginan serta dikendalikan dari jarak jauh. Dengan menggunakan keypad sebagai inputan data dan tombol tembak pada joystick untuk diproses oleh mikrokontroler sehingga bisa mengaktifkan pematik roket secara bervariasi atau sesuai keinginan yang diperuntukan setiap satuan tempur di TNI AD untuk menjamin keamanan tiap personil dalam mengoperasikannya.

 

2.         Maksud dan Tujuan.

a.         Maksud.        Maksud penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk merancang sistem kendali penembakan acak secara otomatis  dengan menggunakan inputan keypad dan tombol tembak pada joystick untuk mengaktifkan pematik pada launcher.

b.         Tujuan.          Tujuan dari pembuatan alat ini adalah untuk memberikan masukan kepada pimpinan TNI AD tentang  sistem peralatan kendali penembakan secara acak dan otomatis pada sistem peluncur roket.

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut.  

a.         Ruang Lingkup.      Dalam ruang lingkup penulisan tugas akhir ini penulis membahas sistem kendali penembakan secara acak dan otomatis pada peluncur roket elektra 316 L-AD, yang meliputi :

            1)         Sistem Mikrokontroller ATMega32.

            2)         Peralatan LCD 16 x 2.

            3)         Peralatan Keypad 4 x 4.

            4)         Peralatan Joystick.

            5)         Penggunaan Program Bahasa C (software bantu).

b.         Tata Urut.     Sistematika penulisan Tugas Akhir ini, sebagai berikut:

            1)         Bab     I           Pendahuluan.

            2)         Bab     II          Tinjauan Pustaka.

            3)         Bab     III         Metodologi Penelitian.

            4)         Bab     IV        Hasil dan Pembahasan.

            5)         Bab     V         Kesimpulan dan Saran.

            6)         Bab     VI        Penutup.

 

4.         Pendekatan dan Metode Penulisan.    

a.        Pendekatan.                        Dalam Penyusunan tugas akhir ini penulis menggunakan pendekatan studi pustaka dan observasi yaitu mempelajari teori-teori dari buku literatur dan mengadakan pengamatan di lapangan.

b.       Metode Penulisan.             Dalam Penulisan tugas akhir ini menggunakan metode deduktif yaitu untuk menarik kesimpulan dari suatu masalah berdasarkan teori dan praktek di lapangan dalam pengukuran dan pengambilan data.

 

5.         Pengertian - Pengertian.

a.         Mikrokontroler ATMega32.          Adalah salah satu IC (Integrated Circuit) Mikrokontroler AVR yang berfungsi sebagai pengendali, penyimpan dan pengolah data.

b.       Peluncur Roket Elektra 316 L-AD.         Adalah sebuah hasil karya dari Siswa Diploma 3 Tehnik Elektronika Angkatan XVI Lemjiantek Angkatan Darat.

c.         Roket.            Adalah bahan peledak berpendorong tanpa alat pengendali yang mengandalkan gerak fisika horisontal. Arah dan sudut tembakan, sangat berpengaruh pada akurasi roket, sebagaimana arah angin serta mendapatkan dorongan melalui reaksi roket terhadap keluarnya secara cepat. Aksi dari keluaran dalam ruang bakar dan nozle pengembang, mampu membuat gas mengalir dengan kecepatan hipersonik sehingga menimbulkan dorongan reaktif yang besar.

d.         LCD ( Liquid Crystal Display ).               Adalah suatu alat penampil berbentuk kristal cair yang akan beremulsi (bercahaya) apabila dikenai / diberikan  sumber tegangan kepadanya.

e.         Keypad.        Adalah media yang memberikan masukan data pada mikrokontroler lalu diolah oleh mikrokontroler yang ditampilkan  hasilnya di LCD.

f.          Tombol Tembak.    Adalah suatu alat yang berupa switch,  bekerja karena ada suatu sentuhan atau gesekan yang digunakan untuk melakukan penembakan.

g.         Software.      Adalah Bahasa pemrograman (Perangkat  Lunak) yang dipakai oleh Mikrokontroler ATMega32 untuk menjalankan hardware (Perangkat Keras),  sesuai dengan aplikasi yang diinginkan.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya