RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK TENAGA SURYA

Sabtu, 6 Agustus 2011 09:38:50 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya

RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK TENAGA SURYA ELEKTRA 316 L-AD BAGIAN PENGATUR KONVERSI ENERGI SURYA KE LISTRIK

 

OLEH

SERDA FERYANTO PURBA ELKA SISTA ≠ 16

 

1.         Umum.           Kebutuhan alutsista dan peralatan TNI dapat dipenuhi melalui kemampuan produksi di dalam negeri. Faktor yang berperan besar dalam pengembangan teknologi pertahanan dan keamanan adalah kebutuhan dan kemampuan penguasaan teknologi alutsista dan peralatan TNI khususnya TNI AD beserta sarana-prasarana pendukungnya. Faktor tersebut merupakan landasan dalam perumusan arah, prioritas, serta kebijakan pengembangan dan penguasaan teknologi pertahanan dan keamanan khususnya dalam bidang persenjataan.

           Seiring perkembangan teknologi pada saat ini, dimana semua peralatan sudah menggunakan sistem elektronika yang sangat canggih terutama pada sistem persenjataan yang ada di lingkungan TNI AD pada khususnya. Untuk mendukung kinerja dari sistem persenjataan tersebut dibutuhkan suatu sumber energi yang siap sedia. Salah satu sumber energi alternatif  tersebut berupa penggunaan panel solar sel. Solar sel merupakan suatu panel yang terdiri dari beberapa sel dan beragam jenis.

Akan tetapi dalam penggunaan solar sel sering terjadi kendala dalam pengaturan konversi Energi Surya ke Listrik pada pengisian kedalam baterai. 

Dengan memperhatikan kendala dalam pengaturan konversi Energi Surya ke Listrik, penulis merencanakan untuk membuat pengaturan  pada konversi energi surya ke listrik pada mobil listrik tenaga surya ELEKTRA 316 L-AD. Dimana MCU akan mengatur switching pada pengisian energi surya ke listrik  secara otomatis kedalam baterai.

 

2.         Maksud dan tujuan.

a.         Maksud.        Maksud dari pembuatan alat ini adalah untuk merancang bangun pengaturan konversi Energi Surya ke Listrik pada mobil listrik tenaga surya ELEKTRA 316 L-AD.

b.         Tujuan .         Adapun tujuan dari pembuatan alat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi  dalam pengatur konversi Energi Surya ke Listrik pada mobil listrik ELEKTRA 316 L-AD.

 

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut.

a.         Ruang Lingkup.      Adapun yang akan dibahas dalam Tugas Akhir ini adalah  :

            1)         Sel Surya.

            2)         Mikrokontroler ATmega 16.

            3)         Rangkaian pembagi tegangan.

b.    Tata Urut.     Untuk mempermudah pembahasan dari Tugas Akhir ini, sistematika pembahasannya adalah sebagai berikut :

             Bab I               Pendahuluan.

             Bab II              Tinjauan Pustaka.

             Bab III             Metode Penelitian.

             Bab IV             Pengujian Dan Analisa Data.

             Bab V              Kesimpulan Dan Saran.

             Bab VI             Penutup.

 

4.         Metodologi.  Rancangan Metodologi tugas akhir yang akan dibuat adalah sebagai berikut :

a.         Deduktif.       Proses pengamatan secara studi kepustakaan serta perencanaan dan pembuatan alat sesuai teori.

b.         Induktif.         Proses pengamatan terhadap masalah yang diteliti dengan melakukan aplikasi dan pengujian alat secara langsung di Laboratorium dan di Lapangan dalam pengukuran serta pengambilan data.

 

5.         Pengertian-pengertian.

a.         Sel Surya.     Sel surya atau sel photovoltaic merupakan suatu alat yang dapat mengubah energi radiasi matahari secara langsung menjadi energi listrik. Pada dasarnya sel tersebut berjenis diode yang tersusun atas P - N junction.

b.         Mikrokontroler ATmega 16.  Mikrokontroler AVR (Alf and Vegard's Risc Processor) memiliki arsitektur RISC 8 bit, dimana semua instruksi dikemas dalam kode 16 bit (16 -bit word) dan sebagian besar instruksi dieksekusi dalam 1 (satu) siklus clock karena AVR berteknologi RISC (reduced instruction Set Computing).

c.         Baterai.          Baterai adalah alat yang menyimpan daya yang dihasilkan oleh panel surya yang tidak segera digunakan oleh beban. Daya yang disimpan dapat digunakan saat periode radiasi matahari rendah atau pada malam hari.

 

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya