RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK TENAGA SURYA ELEKTRA

Kamis, 4 Agustus 2011 12:10:17 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya

RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK TENAGA SURYA ELEKTRA 316 L-AD BAGIAN SISTEM PENGGERAK LISTRIK DAN TRANSMISI

 

OLEH

SERTU AMIN THOHARI ELKA ≠ 16

 

1.         Umum.           Energi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena hampir setiap segi kehidupan manusia memerlukan energi. Energi mempunyai banyak jenis dan beragam macamnya, antara lain energi panas, energi gerak, energi listrik. Salah satu energi yang dapat diandalkan adalah energi matahari, yaitu sebuah energi yang terpancar ke bumi baik dalam bentuk panas maupun cahaya. Energi matahari merupakan salah satu energi yang tidak dapat habis. Dengan adanya kemajuan teknologi dibentuklah sel yang dapat menerima cahaya matahari dan mengubahnya ke energi listrik yang dinamakan solar cell atau sel surya.

Dengan perkembangan ilmu dan teknologi di beberapa negara maju telah mencoba untuk menggunakan sumber energi cadangan yang berasal dari solar cell. Pemanfaatan solar cell ini tidak hanya dalam lingkup kecil misalnya kebutuhan rumah tangga akan tetapi sudah banyak digunakan dalam kebutuhan industri. Apalagi, di tengah kenyataan bahwa ke depan, masyarakat membutuhkan alternatif transportasi yang ramah lingkungan.

Berdasarkan kondisi di atas dalam pemanfaatan sumber energi alternatif, penulis merencanakan untuk membuat alternatif transportasi  yang ramah lingkungan yaitu mobil listrik tenaga surya. Dalam pembuatan mobil listrik ini dibutuhkan pemilihan jenis motor yang akan digunakan sebagai sistem penggerak listrik dan perancangan sistem transmisi.

 

2.         Maksud dan Tujuan.

a.         Maksud.        Maksud dari pembuatan alat ini adalah untuk merancang bangun mobil listrik dengan sistem penggerak roda belakang mengunakan motor dc.

b.         Tujuan.          Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem penggerak dan transmisi yang dapat berfungsi dengan baik sehingga kendaraan dapat beroperasi.

 

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut.

a.         Ruang Lingkup.      Agar pembahasan dalam penulisan tugas akhir ini tidak melebar maka penulis membatasi permasalahan yaitu merancang sistem penggerak listrik dan transmisi pada mobil listrik tenaga surya ELEKTRA 316 L-AD dengan motor dc.

b.    Tata Urut.     Untuk mempermudah pembahasan dari Tugas Akhir ini, sistematika pembahasannya adalah sebagai berikut :

            1)         Bab I      Pendahuluan

            2)         Bab II     Tinjauan Pustaka

            3)         Bab III    Perencanaan dan  Pembuatan Alat

            4)         Bab IV     Pengujian dan Analisa Data

            5)         Bab V      Kesimpulan dan Saran

             6)         Bab VI            Penutup

 

4.         Metode Pendekatan.

a.         Deduktif.       Dalam penyusunan tugas akhir ini penulis menggunakan pendekatan Studi Pustaka dan Observasi yaitu mempelajari teori-teori dari buku literatur dan mengadakan pengamatan dilapangan.

b.         Induktif.         Dalam penulisan tugas akhir ini menggunakan Metode Penulisan Deduktif yaitu membahas suatu masalah dengan berdasarkan teori dan praktek dilapangan dalam pengukuran dan pengambilan data.

 

5.         Pengertian-pengertian.

a.         Motor  DC.         Motor DC adalah piranti yang memerlukan suplai tegangan searah pada kumparan jangkar dan kumparan medan untuk diubah menjadi energi mekanik.

b.         Stator.            Bagian mesin arus searah yang diam.

c.         Rotor.                        Belitan jangkar pada bagian mesin yang berputar.

d.         Komutator.               Komutator berfungsi untuk menyearahkan tegangan yang dihasilkan rotor menjadi tegangan dc.

e.         Transmisi.           Suatu sistem pemindahan tenaga yang berfungsi untuk mendapatkan variasi momen dan kecepatan sesuai dengan kondisi jalan dan kondisi pembebanan, yang pada umumnya menggunakan perbandingan-perbandingan roda gigi.

f.          Gear Box.            Rangkaian gigi yang tersusun dalam satu tempat dengan prinsip kerja perbandingan putaran antara gigi yang satu terhadap gigi yang lainya.

 

 

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya