RANCANG BANGUN PENGISIAN TENAGA CADANGAN

Kamis, 4 Agustus 2011 11:23:56 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya

RANCANG BANGUN PENGISIAN TENAGA CADANGAN (CHARGER) PADA MOBIL LISTRIK TENAGA SURYA ELEKTRA 316 L-AD

 

OLEH

SERTU  DEDDY FRANS MANURUNG ELKA ≠ 16

 

 

1.         Umum.           Mobil  merupakan sarana transportasi yang sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai aktifitas kehidupan dapat dikerjakan dengan nyaman dan lancar menggunakan sarana transportasi mobil. Mobil yang digunakan merupakan mobil yang menggunakan bensin maupun solar sebagai bahan bakar utama penggeraknya.

Bahan bakar solar maupun bensin merupakan minyak bumi yang jumlahnya terbatas dan suatu saat akan habis. Apabila bahan bakar jenis bensin maupun solar  habis, maka mobil yang menggunakan bahan bakar tersebut tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, perlu adanya energi alternatif  yang dapat digunakan sebagai pengganti bensin maupun solar untuk tetap dapat menjalankan mobil.

Salah satu energi alternatif yang dikembangkan adalah penggunaan energi matahari sebagai penggerak mobil listrik. Pemanfaatan energi matahari tersebut akan diaplikasikan pada mobil listrik  tenaga surya Elektra 316 L-AD. Energi yang bersumber dari matahari akan diterima oleh panel surya. Panel surya akan mengubah  energi matahari menjadi energi listrik yang dieteruskan ke aki sebagai tempat penyimpanan energi.  Panel surya memiliki dinamika titik kerja yang tidak tetap. Kemampuan panel surya dalam menerima energi matahari dipengaruhi oleh kondisi cuaca maupun alam pada saat panel bekerja.

Faktor yang mempengaruhi kerja panel surya tersebut juga akan mempengaruhi system kerja mobil listrik.  Apabila energi yang bersal dari panel surya tidak mencukupi kebutuhan maka mobil tidak dapat bergerak. Karena kondisi tersebut penulis merancang charger aki dengan sumber PLN. Pada saat panel surya tidak dapat bekerja, maka charger dapat digunakan untuk mengisi  aki agar mobil listrik tetap dapat dijalankan.

 

2.         Maksud dan Tujuan.

a.         Maksud.        Maksud dari pembuatan tugas akhir ini  adalah untuk merancang  alat pengisian energi cadangan pada mobil tenaga surya ELEKTRA 316 L-AD.

b.         Tujuan.          Adapun tujuan dari pembuatan tugas akhir ini  adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi yang memanfaatkan daya solar cell sebagai pengisian energi pada mobil tenaga surya ELEKTRA 316 L-AD dan pengisian energi cadangan yang bersumber dari PLN.

 

 

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut.

a.         Ruang Lingkup.         Adapun ruang lingkup dari penyusunan tugas akhir ini antara lain :

            1)         Baterai (aki).             

            2)         Transformator.

            3)         Mikrokontroler ATMega 16.

            4)         ULN 2003

            5)         Rangkaian Pembagi Tegangan.

b.         Tata Urut.       Dalam penulisan tugas akhir ini dibuat tata urut sebagai berikut :

            1)         BAB I              : Pendahuluan.

            2)         BAB II             : Tinjauan Pustaka.

             3)         BAB III            : Perencanaan dan Pembuatan Alat.

             4)         BAB IV           : Pengujian Alat dan Analisa  Data.

             5)         BAB V                        : Kesimpulan dan Saran.

             6)         BAB VI           : Penutup.

 

4.         Metode Penulisan.

a.         Deduktif.       Digunakan sebagai proses untuk menarik kesimpulan yang dimulai dari pernyataan-pernyataan umum menuju pernyataan-pernyataan khusus dengan menggunakan penalaran atau rasio.

b.         Induktif.         Digunakan sebagai proses pengambilan kesimpulan yang dimulai dari pernyataan-pernyataan atau fakta-fakta khusus menuju pada kesimpulan yang bersifat umum.

 

5.         Pengertian-pengertian.

a.         Accumulator (aki).          Sebuah sel listrik dimana didalamnya berlangsung proses elektro kimia yang revesibel (dapat berbalikan) dengan efesiensinya yang tinggi. Yang dimaksud dengan proses elektro kimia revesibel, adalah didalam baterai dapat berlangsung proses perubahan kimia menjadi tenaga listrik (proses pengosonggan), dan sebaliknya dari tenaga listrik menjadi tenaga kimia (pengisian kembali dengan cara regenerasi dari elektroda elektroda yang dipakai, yaitu dengan melewatkan arus listrik dalam arah (Polaritas) yang berlawanan dalam sel[1] .

b.         Peralatan Charger.          Merupakan peralatan yang digunakan untuk melakukan pengisian ulang energi pada baterai/aki.

c.         Mikrokontroler ATmega 16.    Mikrokontroler AVR (Alf and Vegard's Risc Processor) memiliki arsitektur RISC 8 bit, dimana semua instruksi dikemas dalam kode 16 bit (16 -bit word) dan sebagian besar instruksi dieksekusi dalam 1 (satu) siklus clock karena AVR berteknologi RISC (reduced instruction Set Computing).

d.         Mobil surya adalah jenis kendaraan listrik yang menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energinya. Energi matahari ditangkap dengan menggunakan panel cell surya kemudian digunakan untuk menggerakkan motor listrik yang berfungsi untuk memutar roda. Agar dapat digunakan secara stabil maka pada mobil surya dilengkapi dengan tempat penyimpanan energi (energy storage) umumnya digunakan accu/batterai.[2]

e.         Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Panel surya sering kali disebut sel photovoltaic, photovoltaic dapat diartikan sebagai "cahaya-listrik".

Sel surya atau sel PV bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan[3].

 


[1] http://bank-je.com/generator-batere-accumulator/

[2] http://id.wikipedia.org/wiki/Mobil_listrik

[3] http://id.wikipedia.org/wiki/Panel_surya

 

 


[1] http://bank-je.com/generator-batere-accumulator/

 

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Artikel" Lainnya