RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK TENAGA SURYA

Kamis, 4 Agustus 2011 10:33:53 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK TENAGA SURYA

RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK TENAGA SURYA ELEKTRA 316 L-AD BAGIAN PENGATUR KELISTRIKAN

 

OLEH

SERTU M. SIDIK APRIONO ELKA ≠ 16

 

1.         Umum.      Kebutuhan alutsista dan peralatan TNI dapat dipenuhi melalui kemampuan produksi di dalam negeri. Faktor yang berperan besar dalam pengembangan teknologi pertahanan dan keamanan adalah kebutuhan dan kemampuan penguasaan teknologi alutsista dan peralatan TNI khususnya TNI AD beserta sarana dan prasarana pendukungnya. Faktor tersebut merupakan landasan dalam perumusan arah, prioritas, serta kebijakan pengembangan dan penguasaan teknologi pertahanan dan keamanan.

          Seiring perkembangan teknologi pada saat ini, sangat banyak peralatan sudah menggunakan sistem elektronik yang sangat canggih. Seperti telepon genggam (handphone), laptop, jam digital, termasuk  juga kecanggihan teknologi elektronik yang terdapat pada sebuah mobil.

         Mobil sebagai salah satu sarana transportasi yang sangat bermanfaat dalam beberapa tahun terakhir semakin bertambah jumlah penggunaannya. Dan dampak negatif dari penggunaan  mobil yang semakin banyak adalah polusi udara yang sangat mengganggu aktifitas kehidupan, menimbulkan penyakit-penyakit pernafasan serta dapat merusak lingkungan.      

         Dalam beberapa tahun terakhir hampir di seluruh negara sedang mengalami krisis sumber daya energi termasuk di Indonesia. Dimana kekayaan alam seperti batu bara dan minyak bumi yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terus berkurang jumlahnya karena tidak dapat diremajakan kembali. Oleh karena itu perlu adanya sumber energi alternatif yang bermanfaat dalam kehidupan.

Berdasarkan beberapa kondisi di atas, mobil listrik tenaga surya Elektra 316 L-AD merupakan sebuah rancang bangun alat transportasi TNI AD yang mengaplikasikan pemanfaatan sumber daya energi matahari sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan dikombinasikan dengan pemanfaatan teknologi elektronika yang sedang berkembang.

Sebagai perangkat pendukung dalam mobil tenaga surya Elektra 316 L-AD, penulis membuat bagian pengatur kelistrikan. Bagian tersebut adalah klakson, lampu kota, lampu jauh, lampu dekat, lampu mundur, lampu rem, lampu sign kanan, lampu sign kiri. Selain itu juga keluaran rekamam suara menggunakan perangkat ISD 2590.

2.         Maksud dan Tujuan.        

a.         Maksud.        Maksud dari penulisan tugas akhir adalah        membuat sistem pengatur kelistrikan pada mobil listrik tenaga surya Elektra 316 L-AD.

b.         Tujuan.          Tujuan dari penulisan tugas akhir adalah untuk memberi masukan kepada pimpinan TNI AD dalam usaha mewujudkan kemandirian dan modernisasi teknologi dibidang alat TNI AD.

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut.

a.      Ruang Lingkup.      Ruang lingkup dalam tugas akhir membahas tentang pengatur kelistrikan pada mobil listrik tenaga surya Elektra 316 L-AD sebagai berikut :

             1)         Mikrokontroller ATMega16.

             2)         Software Bascom AVR

             3)         ISD (Information Storage Device) 2590.

b.         Tata Urut.     Sistematika pembahasan naskah tugas akhir diatur sesuai tata urut sebagai berikut :

            1)         BAB I             : Pendahuluan.

            2)         BAB II            : Tinjauan Pustaka.

            3)         BAB III           : Metodologi Penelitian.

            4)         BAB IV           : Hasil dan Analisa  Data.

            5)         BAB V             : Kesimpulan dan Saran.

            6)         BAB VI            : Penutup.

 

4.         Metode Penulisan.

a.         Deduktif.      Deskriptif dan studi kepustakaan atau literatur serta perencanaan untuk mendapatkan data kualitatif.

b.         Induktif.         Proses pengambilan data dengan cara melakukan percobaan secara langsung di laboratorium dan di lapangan.

 

5.         Pengertian-pengertian.

a.         Mikrokontroller ATMega16.  Adalah  Mikrokontroller AVR (Alf and Vegard's Risc Processor) memiliki arsitektur RISC 8 bit, dimana semua instruksi dikemas dalam kode 16 bit (16 -bit word) dan sebagian besar instruksi dieksekusi dalam 1(satu) siklus clock [1]

b.         ISD (Information Storage Device) 2590.           Adalah suatu IC penyimpan suara yaitu ISD 2590 yang telah direkam dan disimpan sebelumnya.[2]

 


[1] Pdf ATMega 16 data sheet

[2] http://www.ittelkom.ac.id/library/index (Diakses tgl 03-05-2010)

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya