RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK TENAGA SURYA

Rabu, 3 Agustus 2011 13:23:19 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK TENAGA SURYA

RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK TENAGA SURYA ELEKTRA 316 L-AD BAGIAN DRIVER MOTOR PENGGERAK

 

OLEH

SERDA CATUR BUDI AFFIANTO ELKA ≠ 16

 

1.            Umum.        Perkembangan teknologi telah mendorong manusia untuk berinovasi di segala bidang. Salah satu contoh dari perkembangan teknologi tersebut yaitu dikembangkannya mobil listrik tenaga surya. Energi listrik yang digunakan merupakan konversi energi panas matahari melalui solar cell. Solar cell merupakan suatu panel yang terdiri atas beberapa sel dan beragam jenis yang memiliki dinamika titik kerja disebabkan karena intensitas sinar matahari yang berubah-ubah sepanjang hari mengikuti waktu dan karena pengaruh cuaca.

Energi listrik hasil konversi dari energi panas dimanfaatkan sebagai suplai daya motor penggerak. Motor penggerak akan dikontrol oleh sebuah driver sehingga kinerja motor dapat berjalan dengan baik. Driver motor penggerak akan mengontrol kecepatan dan arah putaran motor penggerak. Untuk mendapatkan kinerja motor penggerak yang maksimal maka diperlukan suatu spesifikasi motor penggerak yang sesuai dengan kebutuhan mobil listrik. Motor penggerak yang akan digunakan mobil listrik yaitu motor DC.

Berdasarkan permasalahan di atas, melalui tugas akhir akan dirancang dan dibuat sebuah driver mobil listrik yang dapat memanfaatkan daya solar cell secara maksimal. Dengan penggunaan driver motor diharapkan efisiensi kerja motor dapat tercapai.

 

2.            Maksud dan Tujuan.

a.         Maksud.        Maksud dari pembuatan alat adalah untuk membuat driver motor DC pada mobil listrik tenaga surya Elektra 316 L-AD.

b.         Tujuan.          Adapun tujuan pembuatan alat adalah meningkatkan penguasaan teknologi mengenai rangkaian driver motor DC yang diaplikasikan pada mobil listrik tenaga surya Elektra 316 L-AD.

 

3.         Ruang Lingkup Dan Tata Urut.

a.         Ruang Lingkup.                  Agar pembahasan dalam penulisan tugas akhir tidak melebar, penulis membatasi permasalahan pada :

             1)            Mikrokontroller ATmega16.

             2)            Perangkat lunak (software).

             3)            Driver motor yang akan mengendalikan kecepatan dan putaran motor DC.

             4)            Tampilan level kecepatan melalui LCD.

 

b.         Tata Urut.     Untuk mempermudah pembahasan dari Tugas Akhir dengan sistematika pembahasan adalah sebagai berikut:

            1)         BAB I            : Pendahuluan.

            2)         BAB II           : Landasan Teori.

            3)         BAB III          : Metodologi Penelitian.

            4)         BAB IV           : Pengujian dan Analisa Data.

            5)         BAB V            : Kesimpulan dan Saran.

            6)         BAB VI           : Penutup.

 

4.            Metode Pendekatan.         Pembuatan tugas akhir menggunakan dua metode yaitu :

a.         Deduktif.       Proses pengamatan secara studi kepustakaan atau literatur serta perencanaan dan pembuatan alat sesuai teori.

b.         Induktif.         Proses pengamatan terhadap masalah yang diteliti dengan melakukan aplikasi dan pengujian alat secara langsung di laboratorium dan lapangan dalam pengukuran serta pengambilan data. 

 

5.            Pengertian-pengertian.

a.          Solar cell.      Solar cell merupakan suatu panel yang terdiri atas beberapa sel dan beragam jenis yang memiliki dinamika titik kerja disebabkan karena intensitas sinar matahari yang berubah-ubah sepanjang hari mengikuti waktu dan karena pengaruh cuaca.[1]

b.          Driver.            Driver merupakan rangkaian listrik yang digunakan untuk mengatur kinerja suatu alat. Dalam hal ini driver digunakan untuk mengatur kecepatan dan arah putaran motor DC.

c.            Motor DC.     Motor DC merupakan motor yang memerlukan sumber tegangan searah pada kumparan jangkar dan kumparan medan untuk diubah menjadi energi mekanik.[2]

d.            Software.      Software Adalah bahasa pemrograman (Perangkat  Lunak) yang dipakai oleh Mikrokontroller ATMega untuk menjalankan hardware (Perangkat Keras),  sesuai dengan aplikasi yang diinginkan.

e.          LCD ( Liquid Crystal Display ).         LCD adalah suatu alat berbentuk kristal cair yang akan beremulsi (bercahaya) apabila diberi  sumber tegangan.

 

 


[1] en.wikipedia.org/wiki/Solar_cell  ( Diakses Tanggal 29-04-2010 )

[2] http://one.indoskripsi.com/node/2841 ( Diakses tanggal 30-04-2010 )

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya