RANCANG BANGUN ALAT UKUR PERHITUNGAN

Rabu, 3 Agustus 2011 10:58:00 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
RANCANG BANGUN ALAT UKUR PERHITUNGAN

RANCANG BANGUN ALAT UKUR PERHITUNGAN JARAK TEMPUH PADA MOBIL LISTRIK TENAGA SURYA ELEKTRA 316 L-AD

 

OLEH

SERTU MUHAMMAD YASIN ELKA ≠ 16

 

1.         Umum.     Energi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena hampir setiap segi kehidupan manusia memerlukan energi. Energi mempunyai banyak jenis dan beragam macamnya, antara lain energi panas, energi gerak, energi listrik. Salah satu energi yang dapat diandalkan adalah energi matahari, yaitu sebuah energi yang terpancar ke bumi baik dalam bentuk panas maupun cahaya. Energi matahari merupakan salah satu energi yang tidak dapat habis. Dengan adanya kemajuan teknologi untuk memanfaatkan energi matahari tersebut, maka dibentuklah sel yang dapat menerima cahaya matahari dan mengubahnya ke energi listrik yang dinamakan solar cell atau sel surya.

Dengan perkembangan ilmu dan teknologi tenaga surya / tenaga matahari dibeberapa negara maju telah mencoba untuk menggunakan sumber energi  yang berasal dari solar cell. Solar cell merupakan suatu panel yang terdiri dari beberapa sel dan beragam jenis yang memiliki dinamika titik kerja disebabkan karena intensitas sinar matahari yang berubah-ubah sepanjang hari mengikuti waktu dan juga karena pengaruh cuaca.

Berdasarkan kondisi di atas, siswa Diploma 3 Elektronika ≠ XVI akan merancang dan membuat sebuah mobil listrik yang menggunakan energi matahari (Solar cell) , dimana energi matahari diubah menjadi energi listrik, dalam merancang bangun dan membuat sebuah mobil listrik  diperlukan adanya perhitungan jarak tempuh, tentang kemampuan jarak tempuh mobil tersebut dalam penelitian, maka penulis akan memfokuskan kepada penghitungan jarak tempuh dalam 1 kali pengisian (charge) accu dengan menggunakan odometer. Odometer adalah alat ukur jarak tempuh yang di terapkan pada kendaraan bermotor dalam satuan kilometer, yang memanfaatkan sensor optocoupler dan mikrokontroler sebagai pengolahan data dimana peralatan odometer tersebut mempunyai tampilan angka - angka dalam bentuk digital.

 

2.         Maksud dan tujuan.

a.         Maksud.        Maksud pembuatan alat ukur penghitung jarak tempuh adalah untuk mengetahui tentang jarak tempuh dari mobil listrik dalam 1 kali pengisian (charge) accu penuh.

b.         Tujuan.          Tujuan pembuatan alat ukur penghitung jarak tempuh adalah agar dapat diketahui jarak tempuh dari mobil listrik dalam setiap pengisian (charge) accu .

 

3.         Ruang Lingkup Dan Tata Urut.

a.         Ruang Lingkup.      Pada tugas akir penulis hanya membahas tentang:

            1)         Mikokontroller  Atmega 16.

            2)         Sistem Sensor Optoucopler.         

            3)         Sistem peralatan LCD 16×2 ( Liquid Crystal Display).

            4)         Penggunaan Progam Bascom AVR (sofwer bantu).   

b.         Tata Urut.     Untuk mempermudah pembahasan dari tugas akhir, sistematika pembahasannya adalah sebagai berikut:

            1)        Bab     I                      Pendahuluan.

            2)        Bab     II                     Landasan Teori.

            3)        Bab     III                    Metode Penelitian.

            4)        Bab     IV                   Pengujian Dan Analisa Data.

            5)        Bab     V                    Kesimpulan Dan Saran.

            6)         Bab     VI                   Penutup.

 

4.         Pendekatan dan Metode Penulisan.    

a.         Pendekatan.       Dalam penyusunan tugas akhir  penulis menggunakan pendekatan studi pustaka dan observasi yaitu mempelajari teori-teori dari buku literatur dan mengadakan pengamatan di lapangan.

b.         Metode Penulisan.             Dalam Penulisan tugas akhir penulis menggunakan metode deduktif yaitu untuk menarik kesimpulan dari suatu masalah berdasarkan teori dan studi kepustakaan dengan menggunakan penalaran atau rasio.

 

5.         Pengertian-Pengertian.

a.         Mikrokontroler (Microcontroller) AVR ATMega16  merupakan rangkaian mikro yang dirancang untuk dapat mengontrol, mengendalikan peralatan lain serta mengolah data secara digital yang memiliki ruang pengalamatan memori data dan memori program yang terpisah . [1]

b.         Sensor Optocoupler, merupakan alat yang dipakai untuk mengkopel cahaya dari sumber ke detektor tanpa hubungan kelistrikan.[2]

c.         LCD ( Liquid Crystal Display )merupakan alat berbentuk kristal cair yang akan beremulsi (bercahaya) apabila diberi  sumber tegangan.[3]

d.         Mobil Surya, merupakan jenis kendaraan listrik yang menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energinya.[4]

e.         jarak tempuh, merupakan panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu obyek yang bergerak, mulai dari posisi awal dan selesai pada posisi akhir.[5]

f.          Bascom AVR, merupakan software dengan menggunakan bahasa basic berbasis window yang di buat untuk melakukan pemrograman chip-chip mikrokontroller.[6]

 


[1] Data sheet ATMega 16

[2] Posted by mooniseka at 17:55

[3] http://id.wikipedia.org/wiki/LCD

[4] http://www.mattriks.blogspot.com

[5] http://id.wikipedia.org/wiki/Jarak"

6. http://id.wikipedia.org/wiki/bascom AVR "

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya