RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI OKSIGEN

Selasa, 2 Agustus 2011 13:25:43 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI OKSIGEN

RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI OKSIGEN UNTUK BAJU NUBIKA DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATmega32 DI JAJARAN KIZI NUBIKA DITZIAD

 

OLEH

SERTU PANDU HENDRO HSRDIYANTHO ELKA ≠ 15

 

1.      Latar Belakang.        Zeni sebagai salah satu fungsi tehnis militer TNI AD menyelenggarakan bantuan tempur dan administrasi terhadap satuan yang dibantu, dimana memilki sembilan fungsi zeni salah satunya adalah nubika pasif. Yaitu menyelenggarakan segala usaha, kegiatan dan pekerjaan perlindungan dan pengamanan personel, materiil, sarana dan prasarana satuan sendiri maupun satuan yang dibantu terhadap bahaya nuklir, biologi dan kimia[1]. Para personel zeni harus mampu melaksanakan nubika pasif dengan memiliki tugas melaksanakan dan penyelidikan derajat tingkat kontaminasi cuaca, daerah dan benda-benda medan terhadap serangan senjata nubika (debu radio aktif, agensia atau racun biologi dan racun kimia).

Kenyataannya dalam pelaksanaan tugas dilapangan karena keterbatasan alat peralatan nubika, untuk mendeteksi medan atau daerah  terkontaminasi racun nubika para personel ini hanya dibekali pengetahuan nubika pasif dan perlengkapan proteksi nubika. Salah satu perlengkapan proteksi nubika ini adalah baju nubika atau set pakaian pelindung[2]. Namun pakaian pelindung ini masih bersifat konvensional yang artinya belum ada teknologi yang melekat pada pakaian pelindung tersebut. Hal ini dipandang masih kurang dalam profesionalisme kerja personel zeni dikarenakan kemampuan personel zeni untuk mengetahui medan atau daerah terkontaminasi yang telah dicemari oleh debu radio aktif, racun biologi dan racun kimia.

Dengan adanya permasalahan diatas terkait dengan keterbatasan   atau kurang sempurnanya perangkat atau sistem yang ada maka diperlukan suatu peralatan tambahan berupa sensor oksigen. Sehingga bila pada pakaian pelindung nubika ini dilengkapi sensor untuk mendeteksi kadar oksigen yang terkandung didalam udara.Dan apabila kadar oksigen ini berkurang dari 15% maka terjadi unsur penambahan gas lain yang artinya didaerah tersebut telah terkontaminasi oleh unsur gas lain. Maka dengan penambahan sensor ini dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam mobilitas personel zeni untuk mendeteksi daerah terkontaminasi.

 

2.         Maksud dan Tujuan.

a.         Maksud.        Maksud dari pembuatan alat ini adalah untuk membuat sebuah rancangan  pendeteksi oksigen dengan menggunakan mikrokontroler, sensor gas O2 dan LCD untuk baju nubika di jajaran KIZI NUBIKA DITZIAD.

 

b.        Tujuan.          Adapun tujuan dari pembuatan alat ini adalah untuk  meningkatkan kenyamanan  dan  keamanan dalam mobilitas

personel zeni saat mendeteksi daerah terkontaminasi di jajaran KIZI NUBIKA DITZIAD.

 

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut.

a.      Ruang Lingkup.      Agar pembahasan dalam penulisan tugas akhir ini tidak melebar, penulis membatasi permasalahan pada Sensor Gas O2, Mikrokontroler ATMega32 dan Sistem Tampilan hasil pengukuran.        

b.     Tata Urut.     Untuk mengarahkan pembahasan pada tujuan penulisan tugas akhir ini dibuat sistematika sebagai berikut:

            1)         BAB I              : Pendahuluan.

            2)         BAB II             : Landasan Teori.

            3)         BAB III            : Metodologi Penelitian.

            4)         BAB IV           : Pengujian dan Analisa Data.

            5)         BAB V            : Kesimpulan dan Saran.

            6)         BAB VI           : Penutup.

 

 

4.         Pendekatan dan Metode Penulisan.

a.         Pendekatan.      Dalam penyusunan tugas akhir ini penulis menggunakan pendekatan Studi Pustaka dan Observasi yaitu mempelajari teori-teori dari buku literatur dan mengadakan pengamatan dilapangan.

b.       Metode Penulisan.        Dalam penulisan tugas akhir ini menggunakan Metode Penulisan Deduktif yaitu membahas suatu masalah dengan berdasarkan teori, dan praktek dilapangan dalam pengukuran dan pengambilan data.

 

5.         Pengertian-Pengertian.                                                                            

a.         Baju Nubika.            Adalah baju yang digunakan pasukan zeni untuk melindungi tubuh pada saat berlindung dan melewati daerah terkontaminasi terhadap jatuhan debu radioaktif atau aerosol dari pesawat yang termasuk ke dalam racun biologi, kimia dan nuklir. Baju nubika ini terdiri dari beberapa bagian yaitu:

1)         Topeng pelindung (masker).         Merupakan suatu pelindung bagian muka / wajah yang berbentuk topeng dan masker terbuat dari bagian dari bahan yang kedap terhadap zat cair maupun gas atau uap.

2)         Sarung tangan.        Terbuat dari bahan campuran karet yang kedap terhadap zat cair maupun uap / gas untuk melindungi kedua tangan terhadap kontaminasi Nubika didaerah operasi.

3)         Pelindung sepatu.     Bahannya sama dengan sarung tangan, kegunaannya adalah untuk melindungi bagian bawah kaki termasuk sepatu PDL pada saat berjalan didaerah terkontaminasi Nubika (terutama racun kimia).

4)        Pakaian pelindung.    Bahannya sama dengan sarung tangan, digunakan untuk melindungi tubuh pada saat berada di daerah terkontaminasi Nubika.

b.         LCD ( Liquid Crystal Display ).   Adalah suatu alat berbentuk kristal cair yang akan beremulsi (bercahaya) apabila dikenai / diberikan  sumber tegangan kepadanya.

c.         Software.      Adalah bahasa pemrograman (Perangkat  Lunak) yang dipakai oleh Mikrokontroler ATMega32 untuk menjalankan hardware (Perangkat Keras),  sesuai dengan aplikasi yang diinginkan.

d.         Mikrokontroler ATMega32.          Adalah salah satu IC (Integrated Circuit) Mikrokontroler AVR yang berfungsi sebagai pengendali, penyimpan dan pengolah data.

e.         GS Oxygen Sensor KE series (KE-25).            Sensor ini bekerja berdasarkan kosentrasi oksigen yang berada diudara. Dia tidak berpengaruh oleh gas CO2, CO, H2S, NOx, H2. Dia tidak membutuhkan supply dari luar.

 


1) Kumpulan Hanjar Kecabangan ZENI Untuk Pendidikan SECATAZI, JILID-I,2006.

2) Kumpulan Hanjar Kecabangan ZENI, JILID-II, 2007.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya