RANCANG BANGUN LABORATORIUM BAHASA

Selasa, 2 Agustus 2011 13:04:46 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
RANCANG BANGUN LABORATORIUM BAHASA

RANCANG BANGUN LABORATORIUM BAHASA MULTIMEDIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE AKSES MANDIRI PADA SERVER DI LEMJIANTEK KODIKLAT TNI AD

 

OLEH

SERDA ANTON WIDODO ELKA ≠ 15

 

1.       Umum.      Seiring berkembangnya teknologi komputer, banyak program-program yang telah diciptakan programmer untuk membantu manusia dalam mengerjakan tugasnya baik tugas diperkantoran ataupun tugas di pertokoan. Saat ini sudah banyak kantor-kantor maupun pertokoan yang menggunakan bahasa pemrograman untuk membantu aktifitas kegiatannya.  Semenjak ditemukannya teknik pembuatan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman visual, para programmer aplikasi komputer merasakan banyak sekali kemudahan saat membangun aplikasi. Akibatnya tentu saja aplikasi yang mereka hasilkan menjadi lebih tangguh dan berdaya guna tinggi. Hal ini jelas membuat motivasi bagi siswa di Lembaga Pengkajian Teknologi untuk mengikuti perkembangan aplikasi komputer tersebut. Dalam mengikuti perkembangan teknologi komputer dan bahasa pemrograman adalah dengan mengaplikasikan bahasa pemrograman visual pada pembuatan rancang bangun laboratorium terpadu yang dapat berfungsi sebagai laboratorium komputer dan juga sebagai laboratorium bahasa di Lembaga Pengkajian Teknologi Kodiklat TNI-AD.

Pada saat ini di Lembaga Pengkajian Tekonologi telah tersedia Laboratorium Komputer yang sudah terhubung dengan jaringan LAN dan belum digunakan secara  maksimal. Laboratorium tersebut hanya digunakan apabila ada pelajaran bahasa pemrograman saja. Dengan memanfaatkan jaringan LAN kita bisa membuat sebuah laboratorium bahasa. Sudah banyak di sekolah luar yang sudah mempunyai Laboratorium Bahasa dengan memanfaatkan jaringan LAN. Berdasarkan alasan diatas, penulis mencoba membuat suatu Rancang Bangun Laboratorium Bahasa Multimedia Dengan Menggunakan Metode Akses Mandiri pada Server Di Lembaga Pengkajian Teknologi Kodiklat  TNI-AD dengan menggunakan bahasa pemograman DELPHI 7.0 guna mendukung kegiatan siswa pada saat proses perkuliahan berlangsung. Di mana laboratorium tersebut bisa digunakan sebagai laboratorium bahasa,  untuk melaksanakan  ujian secara online dan digunakan sebagai laboratorium komputer.

 

2.         Maksud dan Tujuan.

a.       Maksud.       Maksud pembuatan Rancang Bangun ini adalah untuk membantu proses perkuliahan sehingga mampu meningkatkan kualitas siswa Diploma-3 di Lembaga Pengkajian Teknologi Kodiklat TNI-AD dengan mengaplikasikan Pemrograman bahasa Delphi 7.0 di Laboratorium Bahasa berbasiskan Komputer PC.

b.       Tujuan.      Tujuan dari penulisan laporan Tugas akhir ini adalah untuk memberikan kontribusi bagi Lembaga Pengkajian Teknologi Kodiklat  TNI-AD, tentang Rancang Bangun Laboratorium Bahasa pada Laboratorium Komputer dengan Tampilan Delphi 7.0.

 

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut.

a.     Ruang Lingkup.     Ruang Lingkup yang akan dibahas adalah penggunaan pemrograman bahasa Delphi 7.0 untuk berinteraksi dengan LAN  pada Server di Laboratorium Bahasa sehingga mampu :

        1)      Melakukan komunikasi antara dosen dengan siswa secara voice.

        2)      Melakukan komunikasi antara dosen dengan siswa secara text.

        3)      Melakukan ujian secara online, dimana dosen tinggal memasukkan soal dan jawaban.

4)         Dosen bisa mengawasi kegiatan siswanya dengan hanya melihat monitor komputer, dimana yang terpantau hanya 2 siswa saja.

 

b.       Tata Urut.       Adapun sistematika pembahasan ini adalah :

          1)         Bab I              Pendahuluan

          2)         Bab II            Tinjauan Pustaka

          3)         Bab III           Metodologi Penelitian

          4)         Bab IV            Hasil dan Pembahasan

          5)         Bab V             Kesimpulan dan Saran

          6)         Bab VI            Penutup

 

4.         Pendekatan.       Dalam pembahasan tugas akhir ini menggunakan pendekatan Induktif dan Deduktif.       

 

5.         Pengertian - pengertian.

a.    Delphi 7.0     adalah perangkat lunak untuk menyusun program aplikasi yang merupakan pengembangan dari bahasa Pascal dan bekerja dalam sistem operasi Windows[1]).

b.       Laboratorium Bahasa     adalah sebuah Laboratorium yang digunakan untuk belajar Bahasa yang telah di lengkapi dengan sejumlah komputer yang terdiri dari beberapa unit komputer sebagai Client dan satu unit komputer sebagai Server.  

c.         Webcam (Web Camera) merupakan sebuah paket yang digunakan untuk menangani transfer video streaming melalui komunikasi serial[2]).

 


[1] http//www.sandragirl.wordpress.com/2008/08/11/Borland-delphi-7/ diakses tanggal 08-11-08

[2] http//www.total.or.id/info.php?kk=webcam, diakses tanggal 21-10-08

 

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya