RANCANG BANGUN SISTEM OTOMATISASI

Selasa, 2 Agustus 2011 12:36:00 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
RANCANG BANGUN SISTEM OTOMATISASI

RANCANG BANGUN SISTEM OTOMATISASI PINTU GARASI RUMAH DINAS DENGAN KODE MEDIA KOMUNIKASI SELULER BERBASIS MIKROKONTROLER ATmega 8535

 

OLEH

SERDA ASEP KARNAWAN ELKA ≠ 15

 

1.      Umum.      Dengan semakin berkembangnya teknologi maka tingkat mobilitas dan cara berpikir manusia semakin meningkat pula. Oleh karena itu, manusia dituntut untuk dapat melakukan berbagai aktivitas dalam waktu yang relatif singkat.

Dalam kehidupan sehari-hari teknologi elektronika sangatlah dibutuhkan baik itu di lingkungan sipil ataupun di lingkungan militer. Khususnya di lingkungan militer sampai saat ini masih bergantung pada alat seperti remote control untuk mengendalikan pintu garasi dalam jarak jauh. Akan tetapi pengontrolan tersebut hanya dapat dilakukan pada jarak tertentu saja, sehingga apabila jarak antara alat yang dikontrol dengan pengontrolnya itu melewati batas toleransinya maka peralatan tersebut tidak dapat berfungsi sesuai dengan keinginan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah sistem yang dapat dimanfaatkan yaitu kendali jarak jauh yang dapat mengontrol alat otomatisasi pada garasi rumah dinas dari jarak jauh dengan menggunakan pengontrol untuk mengontrol buka, tutup otomatis, buka tutup manual dan perintah dini dengan adanya alarm dan kiriman pesan berupa "Rumah anda ada maling",  pada pintu garasi rumah dinas di jajaran TNI-AD dalam penggunaannya dengan mengoptimalkan media seluler yaitu dengan SMS (Short Message Service) pada Handphone keunggulan sistem ini yaitu pengguna dapat mengetahui kondisi pintu garasi tersebut setiap saat dan dikemudian hari dan sistem otomatisasi pintu garasi rumah dinas ini dapat dikembangkan untuk kebutuhan smart home.

 

2.      Maksud dan Tujuan.

a.         Maksud.        Maksud dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk merancang bangun alat otomatisasi pintu garasi rumah dinas  dengan kode media komunikasi seluler yaitu dengan SMS pada Hp (handphone) dengan menggunakan MCU ATmega 8535.

b.        Tujuan.    Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah memberi masukan kepada pimpinan TNI-AD bahwa sistem otomatisasi pintu garasi rumah dinas dengan kode media komunikasi seluler dapat diaplikasikan di rumah-rumah satuan dinas sebagai rumah smart home.

 

3.      Ruang Lingkup dan Tata Urut.

a.   Ruang Lingkup.        Agar penulisan ini tidak meluas pembahasannya,  penulis membatasi permasalahan antara lain :

1)      Prinsip kerja modul.

2)      Rangkaian hardware sistem alat, termasuk di dalamnya aplikasi MCU ATmega 8535.

3)     Layanan SMS yang digunakan dalam alat ini diasumsikan berlangsung tanpa adanya hambatan (teknis dan nonteknis).

4)      Tidak bahas power supply.

 

b.        Tata Urut.       Untuk mempermudah dalam penulisan Tugas Akhir ini, maka penulis menyusunnya dengan tata urutan sebagai berikut :     

            1)         Bab I              :  Pendahuluan.

            2)         Bab II              :  Tinjauan Pustaka.

            3)         Bab III             :  Metode Penelitian.

            4)         Bab IV            :  Hasil dan Pembahasan.

            5)         Bab V             :  Kesimpulan dan Saran.

            6)         Bab VI            :  Penutup.

 

 

4.      Pendekatan dan Metode Penulisan.        Pada penulisan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan metode pendekatan secara :        

         a.         Deduktif.         Menggunakan pendekatan literature dan observation.

         b.        Induktif.          Menggunakan metode studi pustaka untuk       memperoleh referensi sebagai sumber landasan teori yang relevan       dan dibuat kesimpulan dalam penyusunan tugas akhir.        

 

5.      Pengertian-pengertian.

a.         Mikrokontroller ATmega 8535.      Adalah suatu keping IC  buatan Atmel dimana terdapat mikroprosesor dan memori program (ROM) serta memori serbaguna (RAM), memiki fasilitas ADC, EEPROM (Electrical Erasable Programable Read Only Memory)  juga memilki  teknologi RISC (Reduced Instruction Set Computing) 8 bit dengan kecepatan maksimal 16MHz[1]).

b.        SMS (Short Message Service).           Adalah Suatu layanan tanpa kabel yang diterima secara global dapat menstransmisikan alphanumeric antar pelanggan bergerak atau merupakan pasilitas komunikasi yang terdapat pada ponsel yang dapat mengirimkan informasi ke ponsel yang lain berupa pesan singkat dalam format teks[2]).

c.         Komunikasi seluler.                 Adalah suatu sistem yang digunakan untuk menghubungkan antara suatu hubungan komunikasi yang bergerak dengan hubungan komunikasi  yang bergerak lainnya atau hubungan komunikasi antara yang  bergerak dengan hubungan komunikasi yang tidak bergerak tanpa menggunakan kable penghubung untuk komunikasi.

          d.        Bahasa C.       Adalah perangkat lunak untuk menyusun         program aplikasi yang berdasarkan pada bahasa pemograman            dan DBMS (Database Management System) yang bekerja dalam                      oprating System (OS) UNIK[3]).

e.         RS-232.           Adalah merupakan sebuah interface yang digunakan sebagai pentransmisian dalam bentuk serial.

f.          Driver.    Adalah suatu media untuk menggerakkan antara satu rangkaian dengan rangkaian yang lain atau sebagai switching/saklar[4]).

 


[1]) Atmel Mikrokontroler ATmega 8535

[2]) Web Admin Cyber MQ.com. diakses tgl 17-04-2009

[3]) Jogianto Hartono, MBA, PHd. Konsep Dasar Pemrograman bahasa C.Jogyakarta 2003 hal 1.

[4]) Ref,Tugas Akhir serda (k) Hartinah D36 Pemanfaatan System DTMF Sebagai Pengendali Jarak Jauh.

 

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya