RANCANG BANGUN SISTEM PENGIRIMAN

Selasa, 2 Agustus 2011 11:23:43 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
RANCANG BANGUN SISTEM PENGIRIMAN

PERANCANGAN BANGUN SISTEM PENGIRIMAN VIDIO DAN POSISI KEDUDUKAN MUSUH DARI UDARA DENGAN PESAWAT AERO MODELING

 

OLEH

SERTU ANANTAK NUSANJAYA ELKA ≠ 15

 

 

1          Umum.           Dalam  melaksanakan suatu operasi militer, salah satu langkah kegiatanya yang dilakukan adalah melaksanakan pengintaian. Pengintaian dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, melalui pengamatan visual untuk mendekati sasaran, dengan menggunakan peta atau menggunakan informasi lain yang dapat diperolehnya. Bilamana kondisi medan operasi tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan pengintaian secara langsung. Maka salah satu hal yang mungkin belum banyak dilakukan dalam pengintaian adalah menggunakan pengintaian gambar melalui media radio. 

             Mengenai pengiriman video dan  kedudukan musuh di  negara maju cenderung menggunakan  UAV, (Unmanned Air Vehicle), atau pesawat tanpa awak. Namun di negara kita melibatkan UAV dalam kegiatan pengintaian hampir tidak pernah dilakukan, padahal dewasa ini sudah ada fasilitas yang memungkinkan untuk melaksanakan pengintaian melalui udara, yaitu dengan melibatkan penggunaan pesawat aeromodeling. Dengan demikian suatu gambar atau posisi musuh dapat diketahui secara lebih efektif dan cermat tanpa sepengetahuan musuh atau lawan.

            Mengacu pada kondisi diatas, maka penulis berencana membuat suatu integrasi alat pengintaian yang menggunakan kamera dan ditempatkan pada UAV atau pesawat aeromodeling, sehingga dapat memberikan informasi posisi kedudukan musuh secara akurat. Dengan demikian diharapkan dapat mempermudah komandan dalam menentukan pengambilan keputusan didaerah operasi.

 

              

2.         Maksud dan Tujuan.

a.         Maksud.        Adapun maksud dari penulisan  tugas  akhir  ini adalah membuat rancang bangun sistem pengiriman video dan posisi kedudukan musuh dari udara dengan pesawat aeromodeling.

b.         Tujuan.          Adapun tujuan dari pembuatan alat ini adalah untuk memberi masukan tentang teknologi kepada pimpinan TNI-AD sehingga diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih akurat di medan operasi.

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut.

a.     Ruang Lingkup.      Agar penulisan ini tidak meluas pembahasannya, penulis membatasi permasalahan antara lain :

             1)         Tidak Membahas secara keseluruhan tentang Pesawat  Aeromodeling.

             2)         Membahas pemograman bahasa Delphi 7.

             3)         Membuat tampilan program dalam komputer.

             4)         Membahas video Transmitter dan video Receiver.

             5)         Cara Kerja Alat.

 

b.         Tata Urut.     Untuk mengarahkan pembahasan pada tujuan penulisan tugas akhir ini dibuat sistematika sebagai berikut:

            1)         BAB I              : Pendahuluan

            2)         BAB II             : Tinjauan Pustaka

            3)         BAB III            : Metode Penelitian

            4)         BAB IV             : Analisa Data

            5)         BAB V              : Kesimpulan dan Saran

            6)         BAB VI             : Penutup     

4.         Pendekatan dan Metode Pendekatan.    

a.         Pendekatan.                        Dalam penyusunan tugas akhir ini penulis menggunakan pendekatan  studi pustaka dan observasi yaitu mempelajari teori-teori dari buku literatur dan mengadakan pengamatan di lapangan.

b.         Metode Penulisan.             Sedangkan untuk penyusunan tugas akhir ini penulis menggunakan metode penulisan induktif  yaitu dengan cara membandingkan teori. Sedangkan untuk penyusunan penyelesaian tugas akhir ini penulis menggunakan relevan dengan data yang didapat sehingga mendapatkan suatu kesimpulan.

 

5.         Pengertian-pengertian.

a.         Kamera CCTV (cmos)[1] merupakan sebuah kamera yang  digunakan untuk mengambil gambar dari pesawat aeromodeling.

b.         Borland Delphi 7  adalah perangkat lunak sebuah untuk  menyusun program aplikasi yang merupakan pengembangan dari bahasa Pascal dan bekerja dalam sistem operasi windows.

c.         TV TUNER    adalah salah satu perangkat multimedia pada computer yang dirancang untuk membantu dalam mengambilan gambar atau video.

d.         Video (Transmitter)              adalah suatu pemancar dari camera yang akan mengirimkan sinyal gambar dan akan diterima video  receiver .  

e.         Video (Receiver)                 adalah suatu penerima dari video Transmitter dan akan dikirim ke TV Tuner .


[1] www. megatron electric literature 25desember,2008 diakses tanggal 1 april 2009

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya