RANCANG BANGUN RUANGAN KAMAR SANDI

Senin, 1 Agustus 2011 13:25:09 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya
RANCANG BANGUN RUANGAN KAMAR SANDI

RANCANG BANGUN RUANGAN KAMAR SANDI DENGAN PENGAMAN KAMERA PENGINTAI YANG DAPAT MENGIKUTI GERAKAN OBJEK DENGAN PC BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 DI SATUAN TNI AD

 

OLEH

SERTU YUSUF SUNDORO ELKA ≠ 15

 

 

1.     Umum         Ruangan sandi didalam lingkungan militer sangat diperlukan untuk digunakan dalam melaksanakan kegiatan Codering (menyandi) atau Decodering (membuka) berita-berita atau informasi yang mempunyai sifat/klasifikasi rahasia atau sangat rahasia dalam melaksanakan tugas pokok prajurit sandi. Sesuai dengan protap yang berlaku ruangan sandi tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang karena ruangan sandi merupakan zona terlarang bagi personel yang tidak mempunyai kepentingan atau orang yang berkompeten didalamnya. Dengan demikian sudah selayaknya ruangan sandi perlu sistem pengamanan yang memadahi.

Namun pada kenyataanya sampai saat ini sistem pengamanan ruang sandi dimana masih sangat sederhana, yaitu hanya menggunakan pengaman pintu biasa tanpa adanya sistem monitoring ruangan. Bila ruangan sandi kosong, maka ada kemungkinan terjadi pencurian dokumen rahasia ataupun kejadian-kejadian yang tidak diinginkan didalam ruangan sandi tersebut. Meskipun pengamananya bisa dilengkapi dengan kamera CCTV, namun  biasanya sistem lain alat tersebut cenderung statis yaitu mengarah pada satu arah ataupun bergerak secara monoton.

            Sehubungan dengan hal tersebut diatas, diperlukan adanya pengamanan ruangan sandi, untuk itu diperlukan suatu sistem monitoring ruangan yang dapat merekam kegiatan yang terjadi didalam ruangan sandi secara otomatis. Untuk itu penulis mempunyai gagasan dan mencoba mengatasi permasalah yang muncul dengan merancang suatu ruangan kamar sandi yang dilengkapi dengan pengaman kamera pengintai yang dapat mengikuti gerakan objek dan merekamnya secara otomatis.

 

2.         Maksud dan Tujuan.

a.         Maksud.        Adapun maksud dari pembuatan alat adalah untuk membuat suatu sistem pengaman ruangan sandi yang dapat memonitor dan merekam audio video yang dapat mengikuti gerakan objek.

b.         Tujuan.          Tujuan pokok memberikan masukan kepada pimpinan TNI AD tentang merancang dan merealisasikan peralatan elektronika dilingkungan militer. Agar dapat digunakan sebagai bukti keabsahan untuk penyelidikan dan penyidikan, dengan mengunakan hasil rekaman audio video yang ditangkap oleh kamera dan disimpam secara otomatis pada  komputer

 

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut

a.         Ruang Lingkup.      Dikarenakan adanya berbagai keterbatasan dan untuk mencegah terjadinya perluasan pembahasan, maka dibatasi permasalahannya dengan ruang lingkup sebagai berikut :

1)         Pembahasan ditekankan pada teknik kontrol dari Mikrokontroller ATMega8535, yang diaplikasikan pada sistem.

2)         Tidak membahas masalah catu daya / power supply

3)         Tidak membahas peletakan alat yang dikontrol.

4)         Obyek yang sebagai sasaran adalah manusia yang diprioritaskan sesuai kemampuan alat.

5)         Tidak membahas spesifikasi perangkat lunak pada PC sebagai media recorder

b.         Tata Urut.     Untuk mempermudah pembahasan dari Tugas Akhir ini, maka didalam pembuatan laporan Tugas Akhir ini disusun dengan sistematika sebagai berikut :

             BAB I              : Pendahuluan

             BAB II             : Tinjauan Pustaka

             BAB III            : Metode Penelitian

             BAB IV             : Hasil dan Pembahasan

             BAB V              : Kesimpulan dan Saran

             BAB VI             : Penutup

 

4.         Metode Pendekatan.         Pembuatan laporan tugas akhir ini penulis menggunakan pendekatan yang dilaksanakan dengan metode deduktif dan induktif.

a.         Deduktif yaitu membahas suatu masalah dengan mencari dasar teoritis dalam perancangan.

b.         Induktif yaitu data empiris dibandingkan dengan teori yang relevan kemudian dibuat suatu kesimpulan.

 

5.         Pengertian - Pengertian.

a.         Mikrokontroler ATMega8535 adalah suatu mikroprosesor plus, mikrokontroler adalah otak dari suatu sistem elektronika seperti halnya mikroprosesor sebagai otak komputer. Nilai plus bagi mikrokontroler adalah terdapatnya memori dan Port Input/Output dalam suatu kemasan IC yang kompak, berfungsi sebagai pengendali, penyimpan dan pengolah data[1]).

b.         LED Infra Merah  adalah suatu piranti PN junction semikonduktor yang memancarkan cahaya infra merah (tak tampak) secara proporsional dengan arus bias maju[2]).

c.         Kamera CCTV adalah suatu alat yang digunakan untuk mengambil gambar dapat berupa hasil bergerak maupun tidak bergerak.

d.         Motor Stepper adalah perangkat elektromekanis yang bekerja dengan mengubah pulsa elektronis menjadi gerakan mekanis diskrit. Motor stepper bergerak berdasarkan urutan pulsa yang diberikan kepada motor.

e.         Ruangan Sandi adalah suatu kamar/ruangan yang sangat rahasia dan hanya orang-orang tertentu untuk dapat masuk kedalam dan digunakan untuk melaksanakan kegiatan Codering (menyandi) atau Decodering (membuka) berita-berita atau informasi yang mempunyai sifat/klasifikasi rahasia atau sangat rahasia.

 


[1]) Datasheet Book ATMEGA 8535 www.Atmel.com,diakses,tanggal 28-10-2008

 

[2]) Malvino,prinsip-prinsip Elektronika,penerbit Erlangga 1986,edisi ketiga jilid 1,hal 96-97

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya