RANCANGAN BANGUN POWER AMPLIFIER

Senin, 1 Agustus 2011 09:27:47 - Created by : Website Team, Published by : sanjaya

RANCANG BANGUN POWER AMPLIFIER  UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN DILAPANGAN LEMJIANTEK KODIKLAT TNI AD

 

OLEH

SERTU SYAHRONI MAYRUFAH  ELKA ≠ 13

 

1.         Umum.           Teknologi merupakan karya cipta manusia yang berguna untuk membantu kehidupan manusia itu sendiri seiring dengan berkembangnya pola pikir manusia, semakin bertambah juga kebutuhan kehidupan manusia, aktifitas yang cepat dan membutuhkan waktu yang cepat dan efisien mendorong manusia untuk dapat menciptakan teknologi yang tepat guna, perkembangan teknologi tepat guna yang semakin pesat bukan berarti hanya membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup saja, melainkan juga menimbulkan masalah lain sebagai hasil akhir dari teknologi yang diciptakan, seyogyanya masalah yang muncul dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan efisien pula, untuk itulah teknologi tepat guna sangatlah dibutuhkan.

Hampir semua barang-barang sebagai hasil ciptaan manusia yang digunakan untuk membantu penyelesaian tugasnya menggunakan perangkat elektronika yang diaplikasikan pada alat-alat tersebut untuk membantu meringankan tugas manusia. Dengan alat elektronika tugas manusia dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat dan efisien.

Salah satu perangkat elektronika yang digunakan adalah pengaplikasian perangkat teknologi dalam sistem komunikasi, pada saat ini sudah berkembang sangat pesat terutama dalam penyampaian informasi, hal tersebut sangat penting bagi Instansi Militer TNI AD dalam melaksanakan kegiatan dilapangan, contohnya di ruang lingkup satuan Lemjiantek Kodiklat TNI AD sering melaksanakan suatu kegiatan, sedangkan disana diperlukan suatu alat komunikasi berupa sound system sebagai media penyampaian informasi dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan personil Lemjiantek Kodiklat TNI AD dapat menerima informasi dengan jelas.

Dengan melihat permasalahan diatas, sangat perlu sekali membuat pendukung sound system berupa power amplifier sebagai media untuk menyampaikan segala informasi dalam suatu kegiatan.

 

2.         Maksud dan Tujuan

a.        Maksud.         Maksud dari penulisan Tugas Akhir ini adalah  untuk membuat suatu alat sound system, khususnya power amplifier untuk mendukung kegiatan di Lemjiantek Kodiklat TNI AD.

b.         Tujuan.          Memberi masukan kepada pimpinan TNI AD bahwa dengan adanya alat ini dapat membantu satuan dalam melaksanakan kegiatan satuan yang sifatnya penyampaian informasi agar dapat diterima dengan jelas.

 

3.         Ruang Lingkup dan Tata Urut

a.     Ruang Lingkup.       Agar penulisan ini tidak meluas pembahasannya, penulis membatasi permasalahan antara lain:

            1)      Tidak membahas rangkaian Equalizer.

            2)      Tidak membahas rangkaian Mixer.

            3)      Hanya membahas bagian rangkaian Power Amplifier.

b.         Tata Urut.       Adapun sistematika pembahasan ini adalah sebagia berikut:

            BAB I            : Pendahuluan

            BAB II           : Tinjauan Pustaka

            BAB III          : Metode Dan Penelitian

            BAB IV           : Hasil Dan Pembahasan

            BAB V            : Kesimpulan Dan Saran

            BAB VI           : Penutup

 

4.      Pendekatan dan Metode Penulisan        Dalam penulisan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan metode pendekatan deduktif dan induktif.    

a.    Pendekatan Deduktif  Yaitu untuk dapat mengetahui landasan teori dalam merancang alat dan untuk mengetahui komponen-komponen yang sesuai dengan alat yang direncanakan.

b.      Pendekatan Induktif   Yaitu   dengan cara membandingkan data-data yang terdapat pada alat dengan teori yang didapat sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan.

 

5.         Pengertian-Pengertian

a.         Pre Amp.       Pre Amp adalah penguatan awal yang berfungsi sebagai respon frekuensi dan untuk memudahkan pemilihan berbagai sinyal input sesuai dengan keperluan dan kekuatan sebelum dimasukkan ketingkat berikutnya.

b.      Power supply.    Power Supply adalah suatu rangkaian yang berfungsi sebagai penyuplai tegangan.

 c.         Filter.              Filter adalah suatu jaringan impedansi atau suatu rangkaian yang membiarkan isyarat-isyarat di dalam rentangan frekuensi tertentu berlalu tak terganggu sedang isyarat-isyarat pada frekuensi lainnya sangat diperlemah.

 d.         Loudspeaker.       Loudspeaker adalah suatu komponen akhir yang berfungsi sebagai perubah getaran listrik menjadi getaran suara.

 e.         Op-Amp.       Op Amp adalah suatu penguat operasi yang dikemas dalam rangkaian terpadu atau integrated circuit (IC) pada suatu penguat diferensial terkopel sinyal arus searah (DC) dengan penguatan sangat tinggi.

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Hasil Karya Siswa" Lainnya